Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 94 - 101

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jawaban logis sesuai perintah setiap nomor soal! 

1. Pilihlah tiga jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda centang pada kolom yang tersedia! Penyampaian pendapat di muka umum dapat dilakukan di tempat-tempat yang banyak didatangi atau dilihat oleh setiap orang, tetapi terdapat beberapa tempat yang oleh peraturan perundang-undangan tidak boleh dilakukan untuk penyampaian pendapat. Tempat-tempat yang dilarang untuk menyampaikan pendapat adalah . . . . 
Jawaban :

- Rumah sakit
- Tempat ibadah
- Istana kepresidenan

2. Pilihlah Benar/Salah pernyataan berikut! Setiap warga negara mempunyai hak dan kemerdekaan untuk menyampaikan pendapat secara bebas, baik secara lisan maupun tulisan sesuai kehendak dirinya tanpa memperhatikan hak-hak orang lain. 
Jawaban :

Benar.
Alasan:
Prinsip kebebasan menyampaikan pendapat adalah salah satu hak asasi manusia yang diakui secara internasional. Namun, penting untuk diingat bahwa hak ini juga memiliki batasan-batasan tertentu, seperti larangan menyampaikan pendapat yang mengandung kebencian, ancaman, atau pelanggaran terhadap hak-hak orang lain.

3. Setiap orang bebas menyampaikan ide dan gagasannya tanpa tekanan dari orang.  
Jawaban : C. Hak berpendapat

4. Mematuhi hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Jawaban : B. Kewajiban dalam berpendapat

5. Menghindarkan diri dari narasi yang mengarah pada ujaran kebencian, hasutan, provokasi, adu domba, caci maki. 
Jawaban : A. Aturan dalam menyampaikan pendapat

6. Simaklah wacana berikut! Berdasarkan wacana tersebut, berikut ini wujud praktik kemerdekaan berpendapat yang bertanggung jawab adalah .... 
Jawaban : D. menuliskan permasalahan di kelas disertai harapan kemudian dimasukkan ke dalam kotak saran

7. Berdasarkan infograik, pernyataan berikut yang tepat adalah . . . . 
Jawaban : D. Twitter, Facebook, dan Instagram menjadi media paling banyak menjadi sarana penyebar berita hoaks

8. Perhatikan gambar berikut! Gambar tersebut merupakan contoh bentuk penyampaian pendapat dengan cara . . . . 
Jawaban : C. unjuk rasa

9. Sepulang sekolah Anwar menyaksikan Breaking News di televisi terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Dalam tayangan berita, disajikan tabel kenaikan harga sebagai berikut. Menurut Anwar, harga BBM dengan jenis Pertamax mengalami kenaikan paling tinggi dibandingkan jenis BBM Pertalite dan Solar Subsidi. Apakah kamu setuju dengan pendapat Anwar? Uraikan alasan yang mendukung pendapatmu!
Jawaban :

Tidak setuju
, karena persentase kenaikan harga pertamax hanya 16%. Sedangkan BBM yang mengalami kenaikan paling tinggi adalah solar subsidi yaitu mengalami kenaikan sebesar 32%.

10. Simaklah bacaan berikut. Setelah membaca bacaan tersebut, tuliskan pendapat yang ingin kamu sampaikan kepada pemerintah dalam mengatasi masalah yang disajikan dalam bacaan. 
Jawaban :

Pemerintah setempat perlu segera merespons keluhan warga dan memprioritaskan perbaikan jalan akses utama desa yang rusak parah untuk mencegah kecelakaan lainnya terjadi dan memberikan akses yang aman bagi warga.

11. Simaklah bacaan berikut! Pernyataan yang tepat tentang kemerdekaan berpendapat berdasarkan bacaan tersebut adalah . . . . 
Jawaban : D. kebebasan berpendapat warga negara dapat dibatasi secara sah oleh pemerintah untuk melindungi kepentingan publik dan reputasi orang lain

12. Simaklah cerita berikut! Tuliskan dalam buku catatanmu sikap yang akan kamu lakukan pada saat pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS sebagai salah satu bentuk penyampaian pendapat! 
Jawaban : 

Sikap yang akan saya lakukan pada saat pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS adalah memilih calon yang menurut pertimbangan saya, memiliki visi dan program kerja yang paling sesuai dengan kebutuhan dan harapan sekolah, meskipun ketiganya adalah teman dekat.

13. Kebebasan berpendapat merupakan hak dari setiap warga negara. Berikut ini merupakan hak warga negara yang menyampaikan pendapat adalah . . . . 
Jawaban : D. mendapat jaminan perlindungan hukum kebebasan berpendapat

14. Hak setiap warga negara dalam menyampaikan pendapat dijamin oleh pemerintah dan negara melalui peraturan perundang-undangan. Berikut ini peraturan perundang-undangan yang menjamin pelaksanaan kemerdekaan berpendapat warga negara adalah. . . . 
Jawaban : A. Pasal 28E UUD NRI Tahun 1945

15. Kebebasan menyampaikan pendapat warga negara dapat disampaikan melalui berbagai media, termasuk media sosial. Tuliskan tiga hal yang harus kamu lakukan dalam menyampaikan pendapat melalui media sosial!
Jawaban :

1. Berbicara dengan sopan dan menghormati pandangan orang lain.
2. Memastikan keakuratan informasi sebelum menyebarkannya.
3. Menyadari dan memahami dampak sosial dan hukum dari konten yang saya bagikan.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 94 - 101"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel