Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 283 - 286 Uji Kompetensi 6

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 1 Halaman 283 - 286. Bab 6 Sistem Peredaran Darah Manusia Kompetensi 6 Hal 283 - 286. Nomor 1 - 10 PG dan 1 - 5 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ipa bagi kelas 8 di semester 1 halaman 283 - 286. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban uji kompetensi 6 ipa kelas 8, adik-adik kelas 8 dapat menyelesaikan tugas Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas 8 Halaman 283 - 286 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 1.

kunci jawaban ipa kelas 8 halaman 283 - 286 uji kompetensi 6

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 283 - 286 Uji Kompetensi 6

Kunci Jawaban Pilihan Ganda Uji Kompetensi 6 IPA Kelas 8 Halaman 283 - 285

1. B. eritrosit memiliki inti sel, selnya berbentuk bulat pipih dan bagian tengahnya cekung (bikonkaf) 
2. D.fungsi utama dari sel darah putih adalah melawan kuman/bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh dan membentuk antibodi 
3. A. eritrosit 
4. C. resipien yang memiliki golongan darah AB dapat menerima darah dari semua golongan 
5. D.trombokinase/tromboplastin dan protrombin 
6. D.(1) , (2), (5), dan (6) 
7. D. seluruh tubuh – serambi kanan – bilik kanan – paru-paru – serambi kiri – bilik kiri – seluruh tubuh 
8. D. vena kava superior 
9. A. Mengalirkan darah ke luar jantung, Mengalirkan darah menuju ke jantung 
10. C. Pak Beni harus menjaga pola makan dengan menghindari makanan yang berlemak

Kunci Jawaban Esai Uji Kompetensi 6 IPA Kelas 8 Halaman 285 - 286

1. Salah satu fungsi darah adalah mengangkut oksigen dan karbon dioksida. Ternyata, masih ada banyak fungsi darah yang lainnya. Sebutkanlah fungsi darah yang lainnya! 
Jawaban :

a. Fungsi pengangkutan (transportasi)
b. Fungsi Perlindungan (Proteksi) 
c. Fungsi Pengaturan (homeostasis) :
  • Pengaturan kandungan air jaringan 
  • Pengaturan suhu tubuh (termoregulasi) 
  • Pengaturan keasaman (pH)  

2. Mengapa jumlah sel darah merah orang yang tinggal di dataran tinggi (pegunungan) lebih banyak daripada orang yang tinggal di dataran rendah (pantai)? Ingat bahwa pada daerah dataran tinggi tekanan udara dan kadar oksigennya lebih rendah apabila dibandingkan dengan dataran rendah. 
Jawaban :

Karena pada daerah dataran tinggi (pegunungan) kadar oksigennya rendah, sehingga untuk memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh, tubuh memproduksi banyak eritrosit. Sebaliknya pada daerah dataran rendah (pantai) kadar oksigennya tinggi, sehingga dengan eritrosit dalam jumlah yang normal sudah dapat memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh. 

3. Jelaskan proses peredaran darah yang terjadi pada tubuh! 
Jawaban :

Darah dari seluruh tubuh, akan masuk pertama kali ke serambi kanan, sehingga darah dalam serambi kanan banyak mengandung CO2 . Dari serambi kanan, darah akan melewati katup trikuspidalis (berdaun tiga) menuju bilik kanan. Katup ini berfungsi agar darah tidak dapat kembali ke serambi kanan. Darah yang ada dalam bilik kanan, dipompa oleh bilik kanan melewati arteri pulmonalis menuju paru-paru agar CO2 dalam darah terlepas dan terjadi pengikatan O2 . Darah dari paru-paru mengalir melalui vena pulmonalis menuju serambi kiri, sehingga darah dalam serambi kiri banyak mengandung O2 . Darah dari serambi kiri turun melalui katup bikuspidalis (berdaun dua) menuju bilik kiri. Bilik kiri akan memompa darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh aorta.

4. Bu Lani pergi ke dokter untuk melakukan pengecekan tekanan darahnya. Setelah dilakukan pengukuran tekanan darah, dokter mengatakan bahwa tekanan darah bu Lani pada saat itu adalah 110/90. Jelaskan maksud dari hasil pengukuran tekanan darah tersebut! Tuliskan jawabanmu dengan mengaitkan tekanan darah dengan kondisi pembuluh darah pada saat itu. 
Jawaban :

Angka pertama (110) disebut angka sistol. Angka ini menunjukkan tekanan saat bilik berkontraksi dan darah ditekan keluar jantung. Tekanan darah turun saat bilik relaksasi.
Angka kedua (90), angka yang lebih rendah daripada angka pertama disebut angka diastole. Angka ini merupakan hasil pengukuran tekanan saat bilik relaksasi dan mengisi darah, tepat sebelum bilik-bilik ini berkontraksi lagi.

5. Mengapa sebaiknya seseorang itu tidak merokok? Hubungkan dengan gangguan pada sistem peredaran darah!
Jawaban :

Karena asap rokok adapat merusak dinding pembuluh darah. Kemudian nikotin yang terkandung dalam asap rokok akan merangsang hormon adrenalin yang akibatnya akan mengubah metabolisme lemak. Hormon adrenalin akan memacu kerja jantung. Selain itu, merokok menyebabkan elastisitas pembuluh darah berkurang, sehingga meningkatkan pengerasan pembuluh darah arteri dan meningkatkan faktor pembekuan darah yang memicu penyakit jantung dan stroke

0 Response to "Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 283 - 286 Uji Kompetensi 6"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel