Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 158 Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Semester 2 Halaman 158 Kurikulum Merdeka Bab 5 Klasifikasi Makhluk Hidup Hal 158 Mari Uji Kemampuan Kalian Nomor 1 - 4 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ipa bagi kelas 7 di semester 2 halaman 158.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 158 Kurikulum Merdeka

1. Tulislah urutan takson dari yang tertinggi sampai tingkatan terendah. 
Jawaban :

Kingdom (kerajaan) atau Regnum (dunia) → Phylum (filum) atau Dvisio (divisi) → Classis (kelas) → Ordo (bangsa) → Familia (famili/suku) → Genus (marga) → Species (spesies/ jenis).

2. Jelaskan karakteristik khas dari kingdom Monera, Protista, Fungi, Plantae dan Animalia. 
Jawaban :

- Monera
Karakteristik khasnya adalah prokariotik.

- Protista
Karakteristik khasnya adalah eukariotik, uniseluler, tidak ada jaringan terdiferensiasi.

- Fungi
Karakteristik khasnya adalah eukariotik, sel berupa hifa, berdinding sel dan heterotrof.

- Plantae
Karakteristik khasnya adalah eukariotik, berdinding sel, multiseluler dan autotrof.

- Animalia
Karakteristik khasnya adalah euakriotik, tidak berdidinding sel, heterotrof dan multiseluler. 

3. Seorang siswa mengamati spesimen tumbuhan dari halaman sekolah. Karakteristik yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut adalah memiliki bunga dan memiliki tulang daun yang sejajar. Bagaimanakah karakteristik lain yang dimiliki tumbuhan tersebut? Jelaskan alasan kalian. 
Jawaban :

Karena memiliki bunga dan berdaun sejajar maka tumbuhan tersebut termasuk ke dalam kelompok Monokotil. Karakteristik lainnya adalah akar serabut, tidak berkambium, pembuluh tersebar, perhiasan bunga kelipatan 3 dan memiliki keping biji satu.

4. Meskipun banyak organisme yang sudah diidentifikasi, para ilmuwan percaya bahwa masih banyak organisme yang belum teridentifikasi di dunia ini. 
a. Kingdom manakah yang memiliki persentase jumlah spesies yang telah diidentifikasi paling kecil? Berikan alasan kalian, mengapa hal tersebut dapat terjadi? 
b. Bandingkan persentase organisme yang teridentifikasi pada kingdom Plantae dan Animalia. Berikan alasan yang menyebabkan perbedaan persentase organisme yang teridentifikasi pada kingdom Animalia dan Plantae sangat jauh berbeda?
kunci jawaban ipa kelas 7 halaman 158 kurikulum merdeka www.kosingkat.id
Jawaban :

a) Monera
, karena ukurannya sangat kecil sehingga sulit diamati. Selain itu, Monera bersifat kosmopolit artinya dapat hidup di berbagai tempat di dunia.

b) Plantae lebih banyak teridentifikasi karena ukurannya yang lebih mudah diamati berbeda dengan Animalia yang cukup banyak anggotanya berukuran mikroskopis. Selain itu, Plantae mudah diamati karena selalu berada di daerah yang ada cahaya matahari sehingga manusia mudah menemukannya. 

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 158 Kurikulum Merdeka"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel