Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 112 - 115 Uji Kompetensi 2

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Semester 1 Halaman 112 - 115 Bab 2 Sistem Reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan Uji Kompetensi 2  Hal 112 - 115 Nomor 1 - 10 PG dan 1 - 5 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ipa bagi kelas 9 di semester 1 halaman 112 - 115. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban uji kompetensi 1 ipa kelas 9, adik-adik kelas 9 dapat menyelesaikan tugas Sistem Reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan kelas 9 Halaman 112 - 115 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Semester 1.

kunci jawaban ipa kelas 9 halaman 112 - 115 uji kompetensi 2

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 112 - 115 Uji Kompetensi 2

Kunci Jawaban Pilihan Ganda IPA Kelas 9 Halaman 112 - 114

1. D. vegetatif
2. A. merunduk, setek, dan cangkok
3. D. tidak akan terbentuk keturunan karena serbuk sari berasal dari jenis tanaman yang berbeda
4. B. 2, 1, 4, 3
5. A. biji kacang milik Siti memerlukan lebih banyak udara
6. D. penyatuan inti sel sperma dan inti sel telur
7. C. mengurangi jumlah populasi serangga
8. D. meletakkan biji satu kelompok di tempat terang dan yang lain di tempat gelap
9. A. Kupu-kupu
10. B. kuning telur yang ada pada telur

Kunci Jawaban Essai IPA Kelas 9 Halaman 114, 115

1. Jelaskan cara reproduksi tumbuhan secara seksual!
Jawaban :

Proses reproduksi tumbuhan secara seksual dilakukan melalui 2 tahapan :

1. Penyerbukan
Pada tahap ini terjadi proses menempelnya serbuk sari ke kepala putik.

2. Fertilisasi
Pada tahap ini inti sel sperma membuahi inti sel telur (ovum) membentuk zigot (calon individu baru), dan inti sel sperma yang lain membuahi inti kandung lembaga sekunder membentuk angiosperma atau cadangan makanan. Zigot yang terbentuk akan berkembang menjadi biji.

2. Terlihat sekumpulan kupu-kupu yang hinggap pada bunga yang beraneka warna di halaman sekolah. Kupu-kupu yang hinggap pada bunga, ternyata dapat membantu penyerbukan pada bunga. Jelaskan bagaimana kupu-kupu dapat membantu proses penyerbukan pada bunga!
Jawaban :

Serbuk sari dari suatu bunga yang dihinggapi kupu-kupu dapat menempel pada kaki ataupun tubuh kupu-kupu. Ketika kupu-kupu berpindah ke bunga lain (pada satu tanaman atau pada tanaman yang berbeda), serbuk sari yang menempel akan ikut berpindah dan serbuk sari dapat menempel pada putik bunga lain, sehingga dapat terjadi proses  penyerbukan.

3. Beni telah mengembangbiakkan pohon mangga, satu dengan cara mencangkok dan satu dengan cara menanam bijinya. Dari kedua cara menanam tersebut analisislah, manakah di antara kedua cara penanaman tersebut yang akan menghasilkan sifat yang sama dengan induknya?
Jawaban :

Tanaman yang ditanam dari hasil cangkok akan memiliki sifat yang sama dengan induk dapat berbuah lebih cepat. Sedangkan pada tanaman mangga yang ditanam dari biji dapat memiliki sifat yang bervariasi karena sifat dari induk jantan dan betina dapat muncul pada tumbuhan baru yang ditanam dari biji.

4. Nyamuk merupakan salah satu serangga yang banyak merugikan dalam kehidupan manusia yang dalam perkembangan hidupnyamengalami metamorfosis sempurna. Upaya apakah yang efektif untuk mengendalikan nyamuk di lingkungan kita?
Jawaban :

Upaya paling efektif untuk mencegah reproduksi nyamuk adalah dengan menerapkan 3M yaitu menguras, menutup, dan mengubur. Kita dapat menguras bak yang menjadi sarang jentik-jentik nyamuk, menutup lubang yang terdapat genangan air, dan mengubur barang-barang tidak terpakai yang dapat menampung air hujan.

5. Ayam petelur diberi perlakuan khusus agar dapat menghasilkan telur setiap hari. Telur ayam petelur apabila dierami tidak akan menetas menjadi anak ayam. Analisislah mengapa telur tersebut tidak dapat berkembang menjadi anak ayam!
Jawaban :

Pada ayam petelur, Telur yang dihasilkan tidak melalui proses pembuahan (fertilisasi). Sehingga telur yang dihasilkan tidak mengandung embrio dan apabila dierami tidak akan menetas.

3 Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 112 - 115 Uji Kompetensi 2"

Unknown mengatakan...

Moga jawaban nya benar

yknowlee mengatakan...

hihihi

yknowlee mengatakan...

dah bener nih auto 100 dah wkwkwkπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ–πŸ–πŸ–πŸ–πŸ–πŸ–πŸ–

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel