3 Hal yang mengancam Persatuan dan Kesatuan NKRI dulu dan sekarang

apa saja yang mengancam persatuan dan kesatuan nkri pada waktu dulu dan sekarang jelaskan!

Apa saja hal yang mengancam persatuan dan kesatuan NKRI pada waktu dulu dan sekarang jelaskan! Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki sejarah yang kelam. Banyak peristiwa sejarah yang sudah terjadi di Indonesia pada masa lampau, peristiwa - peristiwa tersebut yang telah menyebabkan persatuan dan kesatuan NKRI menjadi terancam.

Meskipun pada masa lampau banyak masalah-masalah yang dihadapi oleh bangsa Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia tetap utuh hingga sekarang. Hal ini dikarenakan masih banyak masyarakat Indonesia yang punya kesadaran diri untuk tetap mempertahankan persatuan dan kesatuan NKRI.

Walaupun ancaman tersebut dapat diatasi, tetapi masih banyak ancaman - ancaman lain yang membahayakan Indonesia di masa sekarang. Oleh karena itu kita wajib tahu apa saja yang mengancam persatuan dan kesatuan nkri pada waktu dulu dan sekarang jelaskan!

Ancaman Persatuan dan Kesatuan NKRI Pada Masa Lampau

Pada masa lampau, negara Indonesia masih terpecah pecah dan belum bersatu. Oleh karena itu berikut ini akan dijelaskan apa saja hal - hal yang mengancam persatuan dan kesatuan negara kesatuan republik indonesia pada masa dulu.

1. Rendahnya Tingkat Pendidikan

Sekolah di masa lampau masih sangat sedikit dan juga mahal, dan juga terdapat diskriminasi terhadap wanita yang tidak memperbolehkan wanita untuk bersekolah, menambah buruk pendidikan di Indonesia pada masa itu. Padahal untuk memajukan sebuah bangsa diperlukan yang namanya pendidikan. Pendidikan pada masa itu sangat penting, hal ini agar masyarakat Indonesia tidak mudah di bohongi dan di adu domba oleh pihak kolonial belanda yang berupaya untuk memecah belah persatuan Indonesia.

2. Separatisme

Masih ingat dengan gerakan aceh merdeka ? atau g30spki ? Gerakan - gerakan tersebut mencoba merongrong persatuan dan kesatuan Indonesia. Pada masa itu banyak muncul gerakan - gerakan untuk membentuk pemerintahan baru. Mereka ingin membuat negara di dalam negara, untungnya pada masa itu pemerintah bergerak cepat dan segera menumpas gerakan - gerakan tersebut.

3. Kolonialisme

Sejarah Indonesia mengatakan, Indonesia telah dijajah selama tiga setengah abad. Sebelum Indonesia merdeka, pada masa itu sudah banyak gerakan - gerakan yang dilakukan untuk mempersatukan Indonesia. Untuk mengatasi hal tersebut pihak kolonial pun berusaha mengadu domba rakyat Indonesia pada masa itu agar timbul perpecahan.

Ancaman Persatuan dan Kesatuan NKRI Pada Masa Sekarang

Meskpun Indonesia sudah merdeka, tetapi masih banyak ancaman yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Berikut ini akan dijelaskan apa saja hal - hal yang mengancam persatuan dan kesatuan negara kesatuan republik indonesia pada masa sekarang.

1. Isu SARA

Masalah yang sedang masyarakat Indonesia hadapi saat ini adalah isu SARA. Banyak golongan - golongan yang hendak memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia dengan menyerangnya menggunakan SARA. Isu sara ini sangat sensitif dan jika tidak diatasi dengan hati-hati maka akan memperkeruh suasana dan timbul chaos yang akan berdampak buruk bagi persatuan dan kesatuan Indonesia. 

2. Makar

Setiap ada pemilu presiden, masyarakat Indonesia akan terbagi menjadi beberapa kubu/golongan. Golongan - golongan ini nantinya akan saling serang untuk menjatuhkan lawannya. Mereka menggunakan segala cara untuk memperburuk citra pasangan calon lain. Jika terdapat pendukung yang sudah sangat fanatik ini yang akan lebih buruk, mereka akan membuat hoax dan memancing emosi pendukung lain.

3. Upaya untuk mengganti Ideologi Pancasila

Semakin berkembangnya negara Indonesia banyak memuncukan masalah - masalah baru. Salah satunya upaya untuk mengganti ideologi pancasila dengan ideologi lain. Ideologi pancasila sudah ada sejak dahulu dan sangat sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Sehingga jika ideologi pancasila diganti maka akan menimbulkan perpecahan yang sangat fatal akibatnya bagi bangsad Indonesia. Untuk itu mari kita sebagai pelajar menjaga ideologi bangsa kita yaitu ideologi pancasila.

Setelah kita mengetahui apa saja ancaman yang mengancam persatuan dan kesatuan NKRI dulu dan sekarang, mari kita menjaga dan menghormati jasa para pahlawan yang telah berkorban untuk mempersatukan Indonesia. Marilah kita hidup toleran dan saling menghargai antar suku dan agama.

0 Response to "3 Hal yang mengancam Persatuan dan Kesatuan NKRI dulu dan sekarang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel