5 cara ampuh bagaimana merawat laptop agar tidak cepat rusak?

cara ampuh merawat laptop agar tidak cepat rusak

Laptop adalah sebuah kebutuhan bagi pelajar ataupun pekerja kantoran, alasannya adalah laptop merupakan alat untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas - tugas sekolah maupun pekerjaan kantor. Saat ini sudah banyak pekerjaan yang memerlukan sebuah perangkat elektronik yang satu ini, selain mudah untuk digunakan, laptop juga bersifat fleksibel sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut banyak perusahan teknologi berlomba-lomba untuk membuat laptop yang dibutuhkan masyarakat dengan harga murah tetapi memiliki spesifikasi yang baik dan tidak cepat rusak. Meskipun laptop dibuat sebaik dan secanggih mungkin tetapi beberapa faktor eksternal juga berpengaruh bagi kondisi laptop. Oleh karena itu kita perlu tahu faktor eksternal ini yang dapat menyebabkan laptop kita mengalami kerusakan. Berikut ini tips bagaimana cara merawat laptop agar tidak cepat rusak?

Cara merawat Laptop agar tidak cepat rusak

1. Hindari medan Magnet yang terlalu besar 

cara ampuh merawat laptop agar tidak cepat rusak
(gambar hard disk drive)

Beberapa komponen laptop memang ada yang terbuat dari magnet. Namun beberapa komponen lainnya juga dapat berdampak buruk jika terkena medan magnet yang terlalu besar. Komponen ini adalah HDD (Hard Disk Drive) yang biasa kita sebut memory atau penyimpanan. Jika laptop anda menggunakan memory SSD (Solid State Drive), anda tidak perlu khawatir karena di SSD tidak terdapat rotor yang bergerak untuk menyimpan data. Akan tetapi jika laptop anda menggunakan HDD maka berhati - hatilah meletakan laptop anda. Jauhkan dari benda - benda yang memiliki medan magnet tinggi karena di HDD memiliki sebuah rotor untuk memutar piringan yang digunakan untuk menyimpan data pada laptop. Jika HDD terkena medan magnet yang tinggi dapat dipastikan data - data di laptop akan hilang atau corrupt.

2. Letakkan di tempat tinggi atau tempat terlihat

cara ampuh merawat laptop agar tidak cepat rusak
(sumber gambar pixabay.com)

Karena laptop berbentuk cukup kecil, kita harus berhati - hati saat meletakannya. Kita tidak boleh meletakkan laptop sembarangan, salah satunya adalah di lantai. Jika kita lupa meletakkan laptop dan tanpa sengaja menginjaknya, maka kita harus berurusan dengan tukang service. Laptop sangat rawan akan kerusakan akibat benturan apalagi terinjak, jika salah satu bagian sudah rusak misalnya saja layar kita perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Oleh karena itu letakkan laptop di tempat yang aman dan tidak sembarangan.

3. Digunakan minimal sekali seminggu

cara ampuh merawat laptop agar tidak cepat rusak
(gambar laptop dibungkus styrofoam)

Laptop yang dibiarkan bisa rusak ? lalu bagaimana laptop yang baru dijual ? Laptop yang baru dijual akan terlindungi dari jamur dan hawa lembab karena dibungkus dengan sangat rapat dan tidak bolong. Lalu laptop yang kita miliki hanyalah laptop biasa yang diletakkan dilemari tanpa bungukusan dan tidak kita gunakan sama sekali. Hal ini dapat membuat laptop menjadi lembab dan tumbuh jamur selain itu baterai yang terdapat pada laptop tetap berkurang meskipun tidak kita gunakan. Cara terbaiknya untuk mengatasi hal ini tentu saja dengan menggunakannya sekali dalam seminggu hal ini untuk tetap menjaga kondisi laptop agar tetap hangat ketika dihidupkan serta mengecas ulang baterai dapat mengantisipasi kerusakan pada baterai.

4. Jangan kunjungi ataupun download dari web sembarangan

cara ampuh merawat laptop agar tidak cepat rusak
(sumber gambar pixabay.com)

Bayangkan jika laptop anda tiba - tiba mati tetapi bukan disebabkan karena kerusakan pada hardware melainkan pada software. Hal ini dapat saja terjadi jika anda mendownload sebuah malware tanpa anda sadari. Malware adalah sebuah virus pada komputer yang menyerang sesorang ketika orang tersbut mengakses sebuah situs yang tidak aman. Ciri - ciri sebuah website mengandung malware adalah banyak iklan yang muncul dan menyuruh kita untuk mendownload sesuatu. Jika anda melihat hal mencurigakan tersebut segera close halaman tersebut. Jika anda merasa laptop anda sudah terseran malware segera bersihkan virus tersebut jika tidak ingin file - file anda hilang / rusak.

5. Awasi suhu laptop

cara ampuh merawat laptop agar tidak cepat rusak
(sumber gambar flickr.com)

Pada umummya semua laptop sudah dilengkapain dengan pendingin pada komponennya. Tetapi masih sering kita temukan laptop yang mudah panas, biasanya disebabkan karena usia laptop atau karena terlalu lama dipakai untuk menjalankan program yang berat. Jika laptop kita panas, panas yang tercipta akan membuat komponen-komponen kecil pada laptop menjadi malfungsi (gagal fungsi/eror) dan dapat menyebabkan laptop kita rusak. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan pendingin (cooler / cool pad) dan mengeluarkan program berat yang sedang kita jalankan. Contoh program yang berat adalah emulator, browser, game, office, dan sebagainya. Lebih beratnya lagi jika program-program tersebut anda jalankan secara bersamaan, anda dapat menggoreng telur di atas laptop anda.

Dengan selalu memperhatikan kondisi laptop kita, kita dapat menjaga agar laptop kita dapat bekerja dengan baik. Beberapa tips diatas adalah cara yang paling ampuh dan paling sering kebanyakan orang sepelekan dan membuat tukang service jadi kaya. Untuk itu mari kita bantu tukang service dengan cara mengabaikan semua cara diatas. Hehehehe, jika suka dengan artikel ini bantu share ya.

0 Response to "5 cara ampuh bagaimana merawat laptop agar tidak cepat rusak?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel