Contoh Program C++ Untuk Membuat Angka Acak

Contoh Program C++ Untuk Membuat Angka Acak

Untuk membuat angka acak pada bahasa C++ kita dapat menggunakan syntax rand() untuk implementasinya perhatikan kode dibawah ini.

#include
using namespace std;
int main(){
int x;
x = rand();
cout<}

Pada kode tersebut untuk membuat angka random atau acak maka pertama saya membuat sebuah variabel x yang bertipe data integer. Kemudian untuk membuat angka acaknya saya menggunakan syntax rand() .

Jika anda ingin membatasi angka acak tersebut misal anda ingin membuat sebuah angka acak yang menggenerate dari angka 1 - 6. Maka anda harus menambahkan operator mod disertai dengan batas maksimal angka tersebut. Perhatikan kode berikut.

#include
using namespace std;
int main(){
int x;
x = 1+rand()%6;
cout<}

Pada program diatas saya menambahkan operator % diikuti dengan angka 6 yang artinya saya akan mengenerate sebuah angka diantar 0 - 5, kenapa hanya sampai 5 tidak sampai 6 ? karena sama seperti sebguah array fungsi rand() akan menggenerate juga sebuah angka 0. Kemudian saya juga menambahkan angka 1 sebelum fungsi rand() agar hasil yang diinginkan akan selalu dimulai dari 1 dan untuk angka terbesarnya akan selalu 6.

Jika Kalian ingin membuat angka acak yang berubah terus menerus kalian dapat menambahkan syntax srand(time(NULL)) sebelum fungsi rand() kalian panggil. Perhatikan kode berikut.

#include
using namespace std;
int main(){
int x;
srand(time(NULL));
x = rand()%100;
cout<}

Kode tersebut akan menggenerate sebuah angka acak dari 0-99 yang berbeda - beda setiap kali aplikasi tersebut dijalankan.

0 Response to "Contoh Program C++ Untuk Membuat Angka Acak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel