15+ Contoh Kalimat SPOK tentang Kesehatan

Contoh Kalimat SPOK tentang Kesehatan adalah sebuah kalimat lengkap yang memiliki 4 unsur di dalamnya (S-P-O-K) serta memiliki tema tentang kesehatan seperti rumah sakit, dokter, obat, perawat dll. Untuk membantu menyelesaikan tugas Bahasa Indonesia sebutkan kalimat spok tentang kesehatan maka KoSingkat akan membagikan beberapa contoh kalimat spok tentang kesehatan di artikel ini.

Contoh Kalimat SPOK tentang Kesehatan

Sebelumnya kita akan membahas apa itu S, P, O, dan K agar adik-adik semua dapat lebih mengerti dan memahami materi kalimat SPOK ini. Setelah adik-adik membaca artikel ini harapannya adik-adik semua dapat membuat sendiri kalimat SPOK tentang kesehatan ataupun tentang tema lainnya.

Penjelasan singkat SPOK :

  • Subjek adalah orang yang melakukan sebuah pekerjaan atau kegiatan.
  • Predikat adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh pelaku/subjek.
  • Objek adalah benda/sesuatu hal yang diberi perlakuan.
  • Keterangan adalah penjelasan lebih lengkap. Beberapa jenis keterangan dalam pola kalimat SPOK adalah waktu, tempat, cara, tujuan, syarat, sebab akibat dll.


Berikut ini 15+ Contoh Kalimat SPOK tentang Kesehatan :

  1. Ibu membeli obat di apotek. ( Subjek = Ibu, Predikat = membeli, Objek = obat, Keterangan Tempat = di apotek).
  2. Pak Dokter mengobati pasien di rumah sakit( Subjek = Pak Dokter, Predikat = mengobati, Objek = pasien, Keterangan Tempat = di rumah sakit).
  3. Bu Dokter memeriksa Nenek kemarin sore. ( Subjek = Bu Dokter, Predikat = memeriksa, Objek = Nenek, Keterangan Waktu = kemarin sore).
  4. Aku pergi ke rumah sakit hari ini. ( Subjek = Aku, Predikat = pergi ke, Objek = rumah sakit Keterangan Waktu = hari ini).
  5. Suster membantu dokter di rumah sakit.Subjek = Suster, Predikat = membantu, Objek = dokter, Keterangan Tempat = di rumah sakit).
  6. Adik mencuci tangan agar terhindar dari kuman.Subjek = Adik, Predikat = mencuci, Objek = tangan, Keterangan Tujuan = agar terhindar dari kuman).
  7. Ibu menimbang berat badan adik di posyandu.Subjek = Ibu, Predikat = menimbang berat badan, Objek = adik, Keterangan Tempat = di posyandu).
  8. Diana meminum obat karena Ia sedang flu.Subjek = Diana, Predikat = meminum, Objek = obat, Keterangan Tujuan = karena sedang flu).
  9. Budi mencuci tangan sebelum makan.Subjek = Budi, Predikat = mencuci, Objek = tangan, Keterangan Syarat = sebelum makan).
  10. Nana memakan sayuran agar sehat.Subjek = Nana, Predikat = memakan, Objek = sayuran, Keterangan Tujuan = agar sehat).
  11. Suster merawat kakek di rumah sakit. ( Subjek = Suster, Predikat = merawat, Objek = kakek, Keterangan Tempat = di rumah sakit).
  12. Adik disuntik imunisasi di sekolah. ( Subjek = Adik, Predikat = disuntik, Objek = imunisasi, Keterangan Tempat = di sekolah).
  13. Pak Joni melakukan pengasapan di rumahnya agar terhindar dari nyamuk demam berdarah.Subjek = Pak Joni, Predikat = melakukan pengasapan, Objek = di rumahnya, Keterangan Tujuan = agar terhindar dari nyamuk demam berdarah).
  14. Andi berolahraga lari di stadion. ( Subjek = Andi, Predikat = berolahraga, Objek = lari, Keterangan Tempat = di stadion).
  15. Pandu membuang sampah di kotak sampah.Subjek = Pandu, Predikat = membuang, Objek = sampah, Keterangan Tempat = di kotak sampah).
  16. Ibu membersihkan halaman setiap pagi. ( Subjek = Ibu, Predikat = membersihkan, Objek = halaman, Keterangan Waktu = setiap pagi).

16 Kalimat diatas adalah contoh kalimat SPOK tentang kesehatan, semoga dapat membantu adik-adik semua dalam mengerjakan tugas bahasa Indonesia materi kalimat SPOK.

0 Response to "15+ Contoh Kalimat SPOK tentang Kesehatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel