Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 4

Lembar Aktivitas 1 Aktivitas Individu A. Keragaman Alam Indonesia Manusia sangat tergantung kepada kondisi alam ling kungan tempat tinggal. Kalian dapat membandingkan bagaimana kehidupan manusia di daerah pegunungan dan di daerah dataran rendah. Untuk memperkuat kemampuan kalian, identifikasilah perbedaan masyarakat di daerah yang berbeda berikut ini.
Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 4 www.kosingkat.id

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 4

1. Bacalah buku atau internet tentang mata pencaharian masyarakat Indonesia 
2. Isilah tabel di atas, dan cermatilah perbedaan mata pencaharian masyarakat di tempat yang berbeda. 
Jawaban :

Dataran tinggi: Pertanian, peternakan
Masyarakat di dataran tinggi cenderung mengandalkan pertanian dan peternakan sebagai mata pencaharian utama. Mereka biasanya mengelola lahan pertanian seperti ladang, kebun sayur, atau perkebunan dan beternak hewan seperti sapi, kambing, atau domba.

Dataran rendah: Industri manufaktur, perdagangan
Di dataran rendah, mata pencaharian yang umum adalah industri manufaktur dan perdagangan. Masyarakat di daerah ini terlibat dalam kegiatan industri seperti pabrik, perakitan, atau pengolahan produk. Selain itu, perdagangan juga menjadi sektor penting, termasuk aktivitas seperti penjualan grosir, eceran, atau jasa distribusi.

Daerah pesisir: Perikanan, pariwisata, industri kelautan
Masyarakat di daerah pesisir cenderung bergantung pada mata pencaharian seperti perikanan, pariwisata, dan industri kelautan. Mereka mungkin bekerja sebagai nelayan, petani garam, atau terlibat dalam industri pengolahan hasil laut. Selain itu, pariwisata juga menjadi sumber mata pencaharian penting di daerah pesisir, dengan pekerjaan seperti pemandu wisata, pemilik restoran, atau penyedia jasa akomodasi.

3. Tukarkan hasil pekerjaanmu dengan temanmu

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 4"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel