Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 7

Lembar Aktivitas 2 Aktivitas Kelompok “Mengapa Terjadi Perbedaan Waktu?” Ketika kalian menghubungi temanmu di tempat yang berbeda, misalnya di Aceh, Bali, dan Papua maka akan menemukan perbedaan waktu. Saat di Aceh pukul 06.00 di Bali pukul 07.00, dan di Papua pukul 08.00.
Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 7 www.kosingkat.id

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 7

1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 3-4 peserta didik 

2. Jawablah pertanyaan berikut a. Mengapa dapat terjadi perbedaan waktu? b. Titik mana yang digunakan sebagai garis waktu 00.00? c. Berapa selisih garis waktu 0º dengan kota Jakarta? Atau bisa kalian kaitkan dengan tempat tinggal kalian masing-masing. d. Bagaimana dampak perbedaan waktu bagi masyarakat Indonesia? 
Jawaban :

a)
Perbedaan waktu terjadi karena Bumi terbagi menjadi 24 zona waktu yang berbeda, yang masing-masing zona waktu terletak pada garis bujur yang berbeda.

b) Titik yang digunakan sebagai garis waktu 00.00 adalah Garis Meridian Utama yang dikenal sebagai Garis Bujur Greenwich.

c) Garis waktu 0º (Garis Bujur Greenwich) memiliki selisih waktu sekitar 7 jam di belakang waktu Indonesia bagian Barat (WIB) yang merujuk pada Jakarta. Misalnya, jika di Garis Bujur Greenwich pukul 12:00 siang, maka di Jakarta waktu akan menunjukkan pukul 19:00 malam.

d) Perbedaan waktu dapat mempengaruhi komunikasi dan koordinasi antara masyarakat Indonesia yang berada di wilayah yang berbeda. Hal ini dapat mempengaruhi jadwal pertemuan, koordinasi kerja, dan interaksi antarindividu. Selain itu, perbedaan waktu juga mempengaruhi sektor bisnis dan transportasi, seperti pengaturan jadwal penerbangan dan kereta api antarwilayah.

3. Diskusikan pertanyaan di atas dengan kelompok 
4. Tukarkan hasil pekerjaan kelompokmu dengan teman yang lain 
5. Buatlah kesimpulan Bersama di dalam kelas
Jawaban :

Perbedaan waktu terjadi karena pembagian Bumi menjadi zona waktu yang berbeda. Garis Bujur Greenwich digunakan sebagai acuan waktu standar dunia. Di Indonesia, terdapat tiga zona waktu yaitu WIB (Waktu Indonesia Bagian Barat), WITA (Waktu Indonesia Bagian Tengah), dan WIT (Waktu Indonesia Bagian Timur) dengan perbedaan waktu sekitar satu jam antara setiap zona. Perbedaan waktu memiliki dampak pada komunikasi, koordinasi, serta sektor bisnis dan transportasi di Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 7"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel