Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 117

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 117 Kurikulum Merdeka Bab 4 Getaran, Gelombang, dan Cahaya Hal 117 Nomor 1  Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ipa bagi kelas 8 di semester 2 halaman 117. 
kunci jawaban ipa kelas 8 halaman 117

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 117

Ayo lakukan Sulap Mematahkan Pensil! Carilah sebuah gelas kaca berukuran sedang. Isilah dengan air minum sebanyak setengah gelas. Masukkan sebuah pensil ke dalam gelas tersebut. Lihatlah pensil dari bagian atas gelas. Apakah yang terjadi? Kemudian lihatlah dari sisi kanan dan kiri gelas. Tuliskanlah pengamatanmu!
Jawaban :

Jika sebuah pensil dimasukkan ke dalam sebuah gelas yang diisi dengan air minum hingga setengah, saat dilihat dari bagian atas gelas, pensil akan terlihat seperti terpotong pada bagian bawah. Saat dilihat dari sisi kanan dan kiri gelas, tampaknya pensil melengkung, karena air membengkokkan cahaya yang melewati pensil.


Pengamatan ini menunjukkan adanya pembengkokan (refraksi) cahaya oleh air. Cahaya yang melewati air dan sebuah benda akan membengkokkan saat berpindah dari satu medium dengan indeks bias yang berbeda. Dalam hal ini, air memiliki indeks bias lebih besar dibanding pensil, sehingga cahaya yang melewati air akan membengkok.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 117"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel