Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 116

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 116 Kurikulum Merdeka Bab 4 Getaran, Gelombang, dan Cahaya Hal 116 Nomor 1 - 2 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ipa bagi kelas 8 di semester 2 halaman 116. 
kunci jawaban ipa kelas 8 halaman 116

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 116

Ayo intip bintangnya! Kamu akan mencoba untuk mengintip kerlip bintang dengan salah satu mata. Carilah dua lembar kertas yang tebal dengan ukuran kurang lebih 20 x 20 cm. Buatlah satu buah lubang pada masing-masing kertas dengan ukuran kira-kira sebesar diameter pensil. Pilihlah beberapa kelompok kecil bintang – bintang di langit yang dapat dilihat melalui lubang salah satu kertas. Lanjutkan dengan mensejajarkan lubang kertas pada jarak satu jengkal sehingga kumpulan bintang tersebut tetap terlihat jelas. 
Apakah kamu melihat sinar bintang yang sama terang pada dua penghalang kertas? 
Jawaban :

Tidak melihat sinar bintang yang sama terang pada dua penghalang kertas. Jika kertas ditempatkan sejajar, maka cahaya bintang akan mengalami interferensi dan membuat sinar bintang tampak lebih terang. Namun, ketika kertas digeser sedikit sehingga lubang tidak sejajar, maka sinar bintang akan tidak mengalami interferensi dan tampak lebih redup.

Kemudian geser sedikit kertas yang paling dekat dengan mata sehingga dua lubang kertas menjadi tidak sejajar! Apakah kamu masih dapat melihat sinar bintang yang diamati tadi? Jika tidak mengapa bisa terjadi demikian? 
Jawaban :

Ini disebabkan karena fenomena interferensi cahaya. Interferensi cahaya adalah interaksi antara dua atau lebih gelombang cahaya yang membuat gelombang cahaya baru yang memiliki amplitudo yang berbeda. Dalam hal ini, kertas membantu mengatur cahaya bintang sehingga menimbulkan interferensi positif dan membuat sinar bintang tampak lebih terang. Namun, ketika kertas digeser, interferensi cahaya hilang sehingga sinar bintang tampak lebih redup.

Dapatkah kamu menyimpulkannya? 
Jawaban :

Kesimpulannya bahwa interferensi cahaya mempengaruhi amplitudo sinar cahaya dan membuatnya tampak lebih terang atau redup.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 116"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel