Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 42 Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Semester 1 Halaman 42 Kurikulum Merdeka Bab 2 Bentuk dan Kedaulatan Negara Hal 42 Uji Kompetensi Nomor 1 - 3 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 8 di semester 1 halaman 42.
kunci jawaban ppkn kelas 8 halaman 42 kurikulum merdeka www.kosingkat.id

Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 42 Kurikulum Merdeka

1. Andi melakukan bullying kepada Tibo secara verbal. Karena merasa di-bully, Tibo membalas melakukan bully secara verbal dan fisik kepada Andi. Merasa terdesak, Andi melibatkan dua temannya untuk membalas Tibo. Tidak tinggal diam, dua orang teman Tibo pun membantu Tibo. Apa yang akan kalian lakukan bila berada pada posisi salah satu pihak? Mengapa kalian memilih melakukan tindakan tersebut? Apa alasannya? 
Jawaban :

Jika saya berada pada posisi salah satu pihak yang terlibat dalam pertengkaran tersebut, saya akan mencoba mencari solusi dengan cara yang sopan dan menghargai perasaan semua pihak yang terlibat. Saya tidak akan membalas tindakan bullying yang dilakukan oleh salah satu pihak dengan tindakan bullying yang sama, karena hal tersebut hanya akan memperburuk keadaan. Alasan saya memilih melakukan tindakan tersebut adalah karena saya ingin menghindari terjadinya pertengkaran yang tidak perlu, dan saya ingin mencari solusi yang terbaik untuk semua pihak yang terlibat. Saya juga ingin menghargai hak dan martabat semua pihak, sesuai dengan prinsip kemanusiaan yang adil dan beradab dalam Pancasila.

2. Di sekolahmu akan diadakan pemilihan raya untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua OSIS. Terdapat tiga pasang calon yang akan memperebutkan suara dalam pemilihan raya. Salah seorang pasangan calon memintamu untuk menjadi tim sukses kampanye. Ia berpesan kepadamu untuk mencuri start dalam kampanye. Ia menjanjikan akan mengangkatmu menjadi ketua bidang I dalam OSIS jika terpilih. Bagaimana sikap kalian menanggapi situasi tersebut? Mengapa kalian memilih sikap tersebut? 
Jawaban :

Sikap yang akan saya ambil dalam situasi tersebut adalah menolak tawaran tersebut dan tidak melakukan tindakan yang tidak etis seperti yang dijanjikan oleh pasangan calon tersebut. Saya akan memilih sikap tersebut karena saya percaya bahwa kejujuran dan integritas merupakan prinsip yang sangat penting dalam kehidupan. Saya tidak akan tergiur dengan janji-janji yang tidak etis untuk meraih kemenangan dalam pemilihan raya.

3. Sebagai Ketua OSIS, kamu mendapati salah seorang ketua bidang melakukan kelalaian dalam laporan keuangan sebuah kegiatan. Ia salah melakukan pembayaran sewa kendaraan kepada pihak perusahaan organda. Akibat kelalaiannya, keuangan OSIS dirugikan sebesar Rp. 200.000. Sebagai Ketua OSIS, apa sikap yang kamu ambil terhadap tim kamu? Mengapa mengambil sikap dan keputusan tersebut?
Jawaban :

Sebagai ketua OSIS, saya akan mengambil sikap yang tegas namun tetap memperlakukan tim saya dengan hormat dan menghargai martabat mereka. Saya akan mengundang ketua bidang tersebut untuk membahas masalah tersebut secara terbuka dan mencari solusi yang terbaik untuk mengatasi masalah keuangan yang terjadi.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 42 Kurikulum Merdeka"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel