Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 20 Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Semester 1 Halaman 20 Kurikulum Merdeka Bab 1 Sejarah Kelahiran Pancasila Hal 20 Uji Kompetensi Nomor 1 - 3 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 8 di semester 1 halaman 20.
kunci jawaban ppkn kelas 8 halaman 20 kurikulum merdeka www.kosingkat.id

Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 20 Kurikulum Merdeka

1. Rita sudah tiga hari tidak masuk sekolah. Ketua kelas mengusulkan untuk menjenguk Rita. Semua pengurus kelas setuju. Sepulang sekolah, mereka menuju rumah Rita untuk menjenguk. Jika kamu sebagai ketua kelas, bagaimana cara kamu mengajak Sella agar mau masuk ke ruang tamu rumah Rita? Jelaskan nilainilai Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa tersebut! 
Jawaban :

Sebagai ketua kelas, saya akan mengajak Sella dengan cara yang sopan dan menghargai perasaannya. Saya akan mengatakan kepada Sella bahwa kami semua datang ke sini untuk menjenguk Rita, bukan untuk membanding-bandingkan kemampuan ekonomi kami. Saya juga akan menyampaikan bahwa kita semua harus saling menghargai dan tidak menghina orang lain karena keadaan ekonomi yang berbeda. Ini sesuai dengan prinsip sila ke-2 dalam Pancasila yaitu : "Kemanusiaan yang adil dan beradab". 

2. Rudi sedang menyapu halaman sekolah. Lalu, secara tidak sengaja Andi yang tengah berlari menabrak Rudi yang sedang mengambil sampah. Jika kamu diminta menyelesaikan masalah tersebut, bagaimana cara kamu menyelesaikan masalah tersebut dan mendamaikan antara Rudi dan Andi? Jelaskan pula sila ke berapa dalam Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa itu! 
Jawaban :

Caranya dengan menyadarkan Rudi bahwa memaki-maki seseorang tidak akan menyelesaikan masalah dengan baik, dan justru hanya akan memperburuk keadaan. Saya juga akan mengajak Rudi untuk memaafkan Andi, karena Andi sudah meminta maaf atas kesalahannya. Saya juga akan mencoba menyadarkan Andi bahwa dia harus lebih hati-hati dan tidak ceroboh dalam melakukan sesuatu, agar tidak menyakiti orang lain. Dalam menyelesaikan masalah tersebut, saya akan menerapkan prinsip sila ke-5 dalam Pancasila yaitu : "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia".

3. OSIS mengadakan kegiatan class meeting selepas Penilaian Akhir Semester (PAS). Ada lima cabang olahraga yang dipertandingkan. Jika kamu diminta menyelesaikan masalah tersebut, bagaimana cara kamu menyelesaikan masalah tersebut dan mencari solusi terbaik? Jelaskan sila ke berapa dalam Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa itu!
Jawaban :

Caranya dengan mencoba mengumpulkan semua pihak yang terlibat untuk membahas masalah tersebut secara rasional dan santai. Saya akan mencoba mengetahui penyebab tidak hadirnya penanggung jawab cabang olahraga tersebut, dan juga mengumpulkan pendapat dari semua pihak untuk mencari solusi terbaik. Dalam menyelesaikan masalah tersebut, saya akan menerapkan prinsip sila ke-3 dalalm Pancasila yaitu : "Persatuan Indonesia". Saya akan mencoba membantu semua pihak untuk saling bekerja sama dan memahami satu sama lain.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 20 Kurikulum Merdeka"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel