Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 138 - 140 Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Semester 1 Halaman 138 - 140 Kurikulum Merdeka Tema 2 Kemajemukan Masyarakat Indonesia Hal 138 - 140 Evaluasi Nomor 1 - 5 PG dan 1 - 5 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ips bagi kelas 8 di semester 1 halaman 138 - 140.
kunci jawaban ips kelas 8 halaman 138 - 140 kurikulum merdeka www.kosingkat.id

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 138 - 140 Kurikulum Merdeka

A. Pilihan Ganda

1. Cuaca dan iklim sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Iklim di Indonesia merupakan iklim tropis sehingga menyebabkan terjadinya dua musim yaitu kemarau dan penghujan. Setiap awal Oktober hingga bulan April Indonesia mengalami musim penghujan. Dampak dari musim penghujan bagi kehidupan manusia adalah ... 
Jawaban : A. Peningkatan volume air sehingga kuantitas air menurun.

2. Setiap wilayah di muka bumi memiliki bentuk dan karakteristik masingmasing. Perbedaan antara wilayah satu dan yang lain juga memengaruhi berbagai aktivitas ekonomi masyarakat setempat. Daerah dataran rendah memiliki komoditas ekonomi yang cukup beragam daripada daerah pegunungan. Faktor alam yang dapat melatarbelakangi hal tersebuh adalah ... 
Jawaban : A. Daerah dataran rendah memiliki akses yang lebih mudah dijangkau .

3. Setiap negara memiliki pertumbuhan penduduk yang berbeda-beda. Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa. Pertumbuhan penduduk yang besar tanpa diimbangi dengan penekanan jumlah penduduk akan menyebabkan permasalahan di segala bidang. Masalah yang mungkin muncul di masyarakat dalam bidang sosial adalah ... 
Jawaban : C. Meningkatnya angka kriminalitas.

4. Seorang guru mata pelajaran IPS mendapatkan surat tugas mengajar di Kabupaten Tarakan. Kemudian beliau mendapatkan surat mutasi dipindahkan ke Kota Palangkaraya. Mobilitas sosial yang dialami seorang guru adalah ... 
Jawaban : B. Horizontal.

5. Perhatikan pernyataan berikut: 
(1) Syarat untuk masuk agama Islam sangat mudah, yaitu hanya dengan mengucap dua kalimat syahadat. 
(2) Terdapat paksaan dari raja untuk memeluk agama Islam. 
(3) Agama Islam tidak mengenal sistem kasta. 
(4) Proses penyebaran agama Islam di Indonesia dilakukan secara damai tanpa kekerasan. 
(5) Memiliki upacara tradisi yang mengharuskan keikutsertaan masyarakat. 
Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan pernyataaan bahwa penyebaran Islam masuk dengan mudah ke Indonesia adalah . . ..
Jawaban : B. (1), (3) dan (4).

B. Esai

1. Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat sangat beragam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yakni produksi, konsumsi dan distribusi. Jelaskan kegiatan ekonomi yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggalmu! Kemudian, berikan contohnya dari masing-masing kegiatan ekonomi! 
Jawaban :

a) Kegiatan Produksi
Kegiatan yang mengahasilkan barang atau jasa. Contohnya yaitu produksi makanan ringan, konveksi pakaian, alat rumah tangga, alat pertanian dan sebagainya.

b) Kegiatan Konsumsi
Kegiatan konsumsi adalah kegiatan menggunakan barang atau jasa. Contohnya yaitu membeli perlengkapan sekolah, menggunakan alat elektronik seperti televisi, handphone, dan laptop.

c) Kegiatan Distribusi
Kegiatan distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Contohnya, agen ditribusi barang seperti J&T, JNE, Shopee express dan agen distribusi lainnya. 

2. Kota A merupakan salah satu kota yang memiliki penduduk padat. Jumlah penduduk lahir adalah 560 dan jumlah penduduk mati adalah 330. Sedangkan jumlah penduduk yang bekerja di luar negeri berjumlah 68 dan jumlah penduduk yang kembali dari luar sebanyak 147. Hitunglah pertumbuhan penduduk Kota A di tahun ini! 
Jawaban :

P = (L – M) + (I– E)
L = 560
M= 330
I = 147
E = 68

P = (560- 330) + (147- 68)
= 230 + 79
= 309

Jadi
, pertumbuhan penduduk kota A di tahun ini adalah 309 orang.

3. Jelaskan bentuk-bentuk mobilitas sosial yang terjadi di masyarakat lingkungan tempat tinggalmu! Berikan contoh dari masing-masing bentuk mobilitas sosial! 
Jawaban :

a) Mobilitas vertikal ke atas (social climbing)
Terjadi dalam kenaikan status seseorang ke strata atas. Kenaikan ini dapat dalam bentuk ukuran ekonomi dan jabatan. Contohnya : kenaikan pangkat seorang PNS.

b) Mobilitas vertikal ke bawah (social sinking)
Terjadinya penurunan status seseorang ke strata bawah. Contohnya : pemberhentian masa tugas jabatan walikota setelah 5 tahun.

c) Mobilitas horizontal
Mobilitas horizontal adalah perpindahan status sosial seseorang atau sekelompok orang dalam lapisan sosial yang sama. Contohnya : perpindahan tugas seorang guru ke daerah pelosok.

4. Uraikanlah proses masuknya agama Islam ke Indonesia! 
Jawaban :

a) Perdagangan
Sekitar abad ke-7 sampai abad ke-16 terdapat lalu lintas perdagangan yang melalui Indonesia. Sehingga terjadi lah interaksi antara pedagang Nusantara dengan pedagang asing (Islam ) dari Gujarat dan Timur Tengah yang saling bertukar pengaruh.

b) Perkawinan
Perkawinan yang terjadi antara para pedagang Islam dengan pribumi. Para saudagar kaya yang berdagang di Indonesia berdagang dengan tidak membawa keluarga, mereka kemudian menikah dengan penduduk setempat, setelah terlebih dahulu mengislamkan calon isterinya.

c) Pendidikan
Para ulama Islam mendirikan pesantren-pesantren untuk mendidik murid-murid mereka tentang ilmu agama. Para ulama mendirikan lembaga pendidikan pesantren karena pola ini dianggap sama dengan model padepokan yang berdiri pada masa Hindu. 

d) Dakwah 
Penyebaran melalui dakwah yakni para juru dakwah (wali, ulama, tokoh agama) menyebarkan agama Islam di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Dengan demikian, agama Islam menyebar di kalangan masyarakat. 

e) Kesenian
Jalur kesenian yang menggunakan bentuk akulturasi yaitu menggunakan jenis budaya setempat yang dialiri dengan ajaran Islam di dalamnya.

5. Deskripsikan salah satu kerajaan Islam yang berkembang di Indonesia bagian barat!
Jawaban :

Kesultanan Aceh
Sultan Ali Mughayat Syah adalah raja pertama Aceh (1514-1528). Aceh tumbuh dengan pesat bahkan menyerang Portugis di Malaka (1515) meskipun tidak berhasil. Pada tahun 1521, Portugis berhasil menguasai Aceh. Raja terbesar adalah Sultan Iskandar Muda (1607-1636) yang berhasil memperluas kekuasaan hingga ke Deli, Johor, Bintan, Pahang, dan Kedah. Kemunduran Aceh tidak terlepas dari pengaruh VOC yang semakin kuat. VOC menghalangi perdagangan laut Aceh. Aceh kehilangan posisinya sebagai pusat perdagangan dan kekuatan politik pada akhir abad ke-17.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 138 - 140 Kurikulum Merdeka"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel