Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 217 - 219 Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Semester 2 Halaman 217 - 219 Kurikulum Merdeka Tema 3 Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa Hal 217 - 219 Evaluasi Nomor 1 - 5 PG dan 1 - 5 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ips bagi kelas 8 di semester 2 halaman 217 - 219.
kunci jawaban ips kelas 8 halaman 217 - 219 kurikulum merdeka www.kosingkat.id

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 217 - 219 Kurikulum Merdeka

A. Pilihan Ganda

1. Penjelajahan samudra yang dilakukan bangsa Barat terdiri dari 2 jenis, yaitu imperialisme kuno dan imperialisme modern. Tujuan utama yang akan dicapai pada masa imperialisme modern mengarah pada bidang sosial dan ekonomi.. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan di bawah ini, yaitu... 
Jawaban : A. Mencari dan mendapatkan daerah penanam modal.

2. Kehidupan masyarakat pada masa kolonialisme menyebabkan berbagai perubahan dalam berbagai bidang. Keadaan yang dialami masyarakat menyebabkan munculnya berbagai perlawanan. Salah satu perlawanan yang dilakukan rakyat Indonesia dalam melawan kongsi dagang VOC adalah serangan Mataram di Jawa Tengah. Serangan dilakukan sampai dua kali, namun belum berhasil. Penyebab utama serangan Mataram yang kedua gagal yaitu... 
Jawaban : D. Pasukan Belanda membakar cadangan makanan pasukan Mataram.

3. Politik etis merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Belanda yang sedikit banyak memberikan manfaat pada pribumi, namun dalam pelaksanaanya bukan tanpa perlawanan. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai kritik yang disampaikan Douwes Dekker yang berisi... 
Jawaban : B. Tuntutan yang mendapat perlakuan tidak hanya pribumi tetapi untuk semua penduduk asli Hindia Belanda.

4. Perhatikan pernyataan berikut! 
1) Mengatur dan mengawasi bank 
2) Mengatur, menjaga, dan memelihara kestabilan nilai tukar rupiah 
3) Menghimpun dana dan kemudian menyalurkan kembali kepada masyarakat 
4) Memperluas kesempatan kerja untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat 
Berdasarkan pernyataan di atas yang termasuk tugas Bank Indonesia (BI) ditunjukkan nomer.... 
Jawaban : B. 1 dan 2.

5. Demonstrasi kenaikan upah buruh dilakukan hampir di seluruh Indonesia. Demo tersebut merupakan salah satu contoh konflik sosial yang memiliki konotasi negatif, tetapi demo juga memberikan dampak positif pada suatu kelompok. Dampak positif adanya konflik sosial dalam kehidupan masyarakat adalah...
Jawaban : C. Adanya solidaritas sesama anggota kelompok.

B. Esai

1. Bagaimana pengaruh letak geografis terhadap penjelajahan kolonialisme dan imperilisme di Indonesia? Bagaimana perubahan yang dialami masyarakat Indonesia akibat adanya kolonialisme dan imperialisme di Indonesia! 
Jawaban :

Letak wilayah Indonesia yang berada di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik menjadikan Indonesia sebagai tempat yang strategis untuk perdagangan jalur laut. Selain itu iklim Tropis Indonesia menjadikannya memiliki potensi sumber daya alam yang tinggi. Hal ini lah yang memicu bangsa eropa untuk datang ke Indonesia. Adanya kolonialisme dan imperialsime memberikan pengaruh pada bangsa Indonesia seperti, perdagangan, kebijakan kerja paksa dan tanam paksa yang merubah kehidupan masyarakat, perluasan lahan, penemuan tambang, dan munculnya barang baru.

2. Bagaimana cara generasi muda memaknai dan mempertahankan kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh pahlawan? 
Jawaban :

Sebagai generasi muda cara untuk memaknai dan mempertahankan kemerdekaan yang telah diperjuangkan adalah dengan melakukan hal-hal positif, menghormati jasa para pahlawan, menjaga hubungan baik dengan semua orang, meningkatkan prestasi, serta meningkatkan kebersamaan semangat nasionalisme dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat.

3. Bagaimana solusi pemerataan pembangunan agar tidak menimbulkan konflik dalam kehidupan masyarakat? 
Jawaban :

Solusinya adalah dengan mempercepat pembangunan suatu daerah baik dari segi pelayanan umum maupun sektor pariwisata. Pemerintah harus fokus mengembangkan daerah-daerah terpencil dan terpelosok, meningkatkan akses dan infrastruktur, pemerataan pendidikan, pengupayaan kebutuhan ekonomi tiap daerah dan membentuk para generasi muda yang cerdas.

4. Menurut kalian, apakah sebuah konflik dapat meningkatkan rasa nasionalisme yang dimiliki seseorang? Jelaskan! 
Jawaban :

Ya, karena konflik dapat memunculkan rasa persatuan dan kebersamaan suatu kelompok. Oleh karena itu jika Indonesia mengalami sebuah konflik dengan negara lain seperti kasus perbatasan Pulau Sipadan dan Ligitan, rasa nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia meningkat dan bersatu mendukung upaya pemerintah dalam mempertahankan kedaulatan wilayah.

5. Menurut pandangan kalian, bagaimana solusi yang tepat untuk konflik yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini? Sebagai contoh adalah demonstrasi yang berujung konflik sosial. Bagaimana demonstrasi yang seharusnya dilakukan guna menyuarakan aspirasi rakyat? Pada dasarnya demonstrasi diperbolehkan mengingat menyuarakan pendapat merupakan hak tiap warga negara yang telah dijamin dalam perundang-undangan. 
Jawaban :

Menurut saya demonstrasi yang seharusnya adalah dilaksanakan dengan baik-baik sesuai dengan peraturan dan harus menghindari adanya kekerasan yang dilarang. Tetapi peran pemerintah juga sangat penting di sini guna menampung aspirasi demonstran, jangan hanya didengar namun tidak dipedulikan sama sekali. Pemerintah harus ambil tindakan dan tunjukan bukti nyata yang diminta para pendemo.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 217 - 219 Kurikulum Merdeka"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel