Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 60 - 62 Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Semester 1 Halaman 60 - 62 Kurikulum Merdeka Tema 1 Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya Alam Hal 60 - 62 Evaluasi Nomor 1 - 5 PG dan 1 - 5 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ips bagi kelas 8 di semester 1 halaman 60 - 62.
kunci jawaban ips kelas 8 halaman 60 - 62 kurikulum merdeka www.kosingkat.id

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 60 - 62 Kurikulum Merdeka

A. Pilihan Ganda

1. Indonesia memiliki banyak gunungapi aktif. Jalur pegunungan di Indonesia membentang dari ujung utara Sumatra memanjang melalui pantai barat Sumatra, melewati Pulau Jawa, Nusa Tenggara, Banda, Sulawesi, dan Halmahera. Jumlah gunung aktif di Indonesia sebanyak 127 gunungapi aktif. Dampak tersebut merupakan dampak dari adanya 
Jawaban : C. Letak geologis.

2. (1) Indonesia (2) Filipina (3) Jepang (4) Korea Selatan (5) Inggris(6) Perancis. Negara yang memiliki iklim sub tropis ialah … 
Jawaban : D. (3) dan (4).

3. Hutan dapat berfungsi sebagai hutan produksi, hutan lindung dan hutan konservasi. Berikut merupakan fungsi hutan dalam kegiatan produksi adalah … 
Jawaban : C. Hutan menghasilkan bahan baku untuk pembuatan produk dan jasa.

4. Perhatikan pernyataan berikut 
(1) Luas wilayah 
(2) Suhu dan kelembaban udara 
(3) Posisi strategis 
(4) Jumlah penduduk 
(5) Isolasi kepulauan oleh lautan 
Faktor geografis yang memengaruhi keragaman budaya adalah …. 
Jawaban : C. (1), (3), dan (5).

5. Pengaruh Hindu di Indonesia melalui jalan damai yang dilakukan pedagang dari India melalui jalur laut. Perdagangan pada masa itu sedang berkembang karena jalur sutra yang menghubungkan IndiaCina melalui jalur laut dan melalui wilayah Nusantara adalah pernyataan dari teori ….
Jawaban : A. Teori waisya.

B. Esai

1. Bagaimana pengaruh iklim terhadap keragaman sosial budaya di Indonesia? 
Jawaban :

Indonesia diwarnai oleh mikro iklim yang amat beragam. Perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah lain inilah menyebabkan perbedaan pola perilaku yang berbeda, mulai dari bahasa hingga ke sistem mata pencarian hidup dan sistem ekonomi. Contohnya yang terjadi pada Masyarakat Adat Baduy. Rumah warga di Desa Kanekes hanya boleh menghadap ke utara dan selatan, ini tujuannya supaya sinar matahari dapat masuk melalui jendela rumah.

2. Bagaimana hubungan proses geografis dengan kedatangan bangsabangsa asing di Indonesia? 
Jawaban :

Bangsa-bangsa asing datang ke Indonesia karena proses geografis berupa angin muson yang membawa kapal-kapal untuk berlayar dari India ke Cina. Selain itu, adanya Selat Malaka yang digunakan sebagai tempat transit bagi kapal-kapal untuk mengirimkan komoditas dari India ke Cina memberikan keuntungan bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia jadi ikut aktif dalam perdagangan tersebut sehingga terjadilah kontak hubungan di antara bangsa-bangsa asing dengan Indonesia.

3. Potensi sumber daya alam yang dimanfaatkan secara terus menerus mengakibatkan perubahan bagi kelangsungan alam. Salah satu dampak perubahan alam yang terjadi adalah menurunnya daya dukung lingkungan terhadap kehidupan manusia. Jelaskan faktor yang menyebabkan perubahan potensi sumber daya alam! 
Jawaban :

Meningkatnya jumlah populasi manusia yang begitu pesat maka tingkat konsumsi juga meningkat. Sehingga mempengaruhi tingkat eksploitasi terhadap sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidup. Eksploitasi sumber daya alam yang dilakukan secara berlebihan dan dengan mengabaikan pelestarian lingkungan dapat menyebabkan pencemaran dan kerusakan lingkungan. Hal ini lah yang menyebabkan potensi sumber daya alam semakin berkurang. 

4. Bagaimana pendapat kalian tentang teman yang berbuat curang ketika ujian sekolah dan apa yang akan kalian lakukan? Apakah perilaku tersebut telah melanggar norma? Jelaskan! 
Jawaban :

Menurut pendapat saya, apabila saya mengetahui teman saya ada yang berbuat curang saat ujian sekolah saya akan melaporkannya kepada ibu guru supaya diberi sanksi dan nasehat untuk tidak mengulanginya lagi. Ya perilaku tersebut melanggar norma pendidikan karena telah berlaku tidak jujur.

5. Terdapat teori masuknya agama Hindu-Buddha ke Indonesia. Teori apa yang paling kuat menurut pendapatmu? Jelaskan alasan dan bukti-buktinya!
Jawaban :

Menurut pendapat saya, teori Brahmana merupakan teori yang paling kuat karena menunjukkan bahwa Brahmana adalah kelompok yang paling tepat memahami Weda dan bertanggung jawab untuk menyebarkan agama Hindu. Hal ini terlihat dari fakta bahwa dalam kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia, orang-orang dengan kasta tertinggi biasanya yang menjadi raja dan mampu menyebarkan agama Hindu-Buddha. Selain itu, raja juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap masyarakat di sekitarnya.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 60 - 62 Kurikulum Merdeka"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel