Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 53 Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Semester 1 Halaman 53 Kurikulum Merdeka Bab 2 Zat dan Perubahannya Hal 53 Mari Uji Kemampuan Kalian Nomor 1 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ipa bagi kelas 7 di semester 1 halaman 53.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 53 Kurikulum Merdeka

1. Jelaskanlah peristiwa-peristiwa di bawah ini dari segi keadaan partikelpartikelnya. 
a. Kalian tidak dapat menghancurkan baja dengan tangan kalian. 
b. Susu dapat mengalir dan mengikuti bentuk gelas atau cangkir atau termos. 
c. Kalian dapat merasakan hembusan angin di wajah kalian. 
Jawaban :

a) Kalian tidak dapat menghancurkan baja dengan tangan kalian karena baja memiliki susunan partikel yang sangat rapat.
b) Susu dapat mengalir dan mengikuti bentuk gelas atau cangkir atau termos karena susu memiliki susunan partikel yang agak renggang.
c) Kalian dapat merasakan hembusan angin di wajah kalian karena angin memiliki susunan partikel yang sangat renggang.

2. Apakah difusi terjadi lebih cepat dalam cairan atau gas? Jelaskan. 
Jawaban :

Difusi terjadi lebih cepat dalam gas karena partikel gas bergerak lebih cepat dan menyebar ke berbagai bagian dalam wadah atau ruangan yang ditempati. Tumbukan antara partikel lebih sering terjadi dibandingkan pada zat cair.

3. Apabila gula pasir dipindahkan dari satu wadah ke wadah yang lain, apa yang terjadi? Apakah gula pasir termasuk zat padat atau zat cair? Jelaskan alasan kalian. 
Jawaban :

Gula pasir sebagai suatu kesatuan akan berubah bentuk sesuai dengan wadahnya namun sebagai satuan gula pasir, tidak ada perubahan bentuk sehingga gula pasir termasuk zat padat.

4. Bayangkanlah kalian dan teman-teman kalian adalah partikel air. 
Jawaban :

Saya adalah partikel air yang berwujud padat yaitu es, saya berwujud es karena berada di bawah titik lebur air yaitu 0°C sehingga saya yang sebelumnya berupa cairan menjadi berbentuk padat. Kemudian saya terkena sinar matahari hingga mencair menjadi bentuk cairan lagi yaitu air. Saat saya dipanaskan didalam panci hingga suhu 100°C saya berubah menjadi bentuk gas karena berada pada titik didik air.

5. Ketika Dewi baru pulang sekolah dan hendak memasuki rumahnya, ia sudah dapat merasakan wangi melati padahal sumber pengharum ruangan tersebut diletakkan di ruangan keluarga, yang berada di bagian belakang rumah. Jelaskan mengapa hal ini bisa terjadi. 
Jawaban :

Hal ini dapat terjadi karena partikel pengharum yang terdapat di ruangan keluarga menyebar ke ruangan lainnya yang hanya terdapat sedikit partikel pengharum hingga keadaannya seimbang.

6. Buatlah model partikel dengan menggunakan barang-barang bekas pakai yang ada di sekitar kalian. 
Jawaban :
kunci jawaban ipa kelas 7 halaman 53 kurikulum merdeka www.kosingkat.id

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 53 Kurikulum Merdeka"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel