Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 15

Kegiatan 6: Menggunakan Konjungsi dalam Teks Deskripsi
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 15

Bubuhkan konjungsi yang tepat agar peristiwa dan perasaan tokoh dalam cerita ini tergambar dengan lebih jelas. 
Jawaban :

Aku, Dulu dan Sekarang

    Waktu masih kecil, aku tidak suka suasana ramai. Acara pernikahan membuatku ingin malam cepat datang. Aku ingin cepat pulang walau ibuku, ayahku, kakakku semua bergembira.
    Di acara tersebut banyak makanan. Berbagai jenis makanan dari buah, kue, hingga makanan berat sudah kucoba, tetapi tidak ada yang membuatku tenang. Aku hanya ingin pulang. 
    Dalam acara seperti ini banyak kerabat jauh bertemu. Karena itu, aku harus bersalaman dengan banyak orang. Aku harus tersenyum pada orang-orang yang tak kukenal. Sebagian mencubit pipiku atau mengusap kepalaku sehingga rambutku berantakan dan lengket. Mungkin di tangan mereka ada bekas kuah gulai. Aku kesal, mengantuk, dan bosan.
    Sekarang aku menyadari acara keluarga seperti itu bermanfaat karena aku jadi punya banyak kenalan baru. Ternyata saudaraku banyak sekali. Teman ayah ibuku banyak sekali. Aku juga ingin punya teman sebanyak mereka.
    Aku tetap tidak suka acara keluarga yang lama, tetapi sekarang aku sudah bisa menghibur diri dengan membaca di sudut paling sepi sambil membawa sepiring penuh makanan. Aku juga bisa tidur di kursi. Suasana ramai tak berpengaruh bagiku.
    Biar saja ayah ibuku menikmati acara keluarga bersama orang-orang dewasa. Tidak setiap hari aku diajak ke acara seperti ini. Aku memutuskan untuk membuat mereka senang dan ikut bersalaman sebentar, lalu menyingkir hingga tiba saat pulang. Demi keluarga.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 15"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel