Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 200 Uji Kompetensi 6

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Semester 2 Halaman 200 Bab 6 Ancaman terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika Uji Kompetensi 6 Hal 200 Nomor 1 - 5 Essai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 10 di semester 2 halaman 200. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban ini adik-adik kelas 10 dapat menyelesaikan tugas Ancaman terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika Kelas 10 Halaman 200 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Semester 2.
kunci jawaban pkn kelas 10 halaman 200 uji kompetensi 6

Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 200 Uji Kompetensi 6

1. Pada hakikatnya kebhinnekaan bangsa Indonesia merupakan rahmat Allah SWT sekaligus merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan bagi bangsa Indonesia. Jelaskan maksud pernyataan tersebut!
Jawaban :

Dikatakan sebagai sebuah potensi, karena hal tersebut akan membuat bangsa kita menjadi bangsa besar yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang melimpah. Hal ini juga menjadi sebuah tantangan bahkan ancaman, karena dengan adanya kebhinekaan tersebut mudah membuat penduduk Indonesia berbeda pendapat, tumbuhnya perasaan kedaerahan berlebihan yang sewaktu-waktu berpotensi meledak dan akan mengancam integrasi nasional.

2. Ancaman militer pada hakikatnya berkaitan dengan ancaman di bidang pertahanan dan keamanan. Jelaskan dan berikan contoh terkait dengan ancaman di bidang militer!
Jawaban :

Ancaman militer adalah ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata dan terorganisasi yang dinilai mempunyai kemampuan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa.

Contohnya :
- Agresi/invasi
- Pelanggaran wilayah
- Pemberontakan bersenjata
- Sabotase
- Spionase
- Aksi teror bersenjata
- Ancaman keamanan laut dan udara.

3. Jelaskan dan berikan contoh bentuk agresi yang berskala paling besar yang pernah dialami bangsa Indonesia!
Jawaban :

Bentuk agresi yang paling besar iyalab Invasi. Bangsa Indonesia pernah merasakan diinvasi oleh Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia sebanyak dua kali, yaitu 21 Juli 1947 dan 19 Desember 1948.

4. Ancaman non-militer pada hakikatnya disebabkan oleh pengaruh negatif dari globalisasi. Jelaskan hubungan ancaman non-militer dengan pengaruh globalisasi!
Jawaban :

Ancaman nonmiliter pada hakikatnya ancaman yang menggunakan faktor-faktor nonmiliter dan dinilai membahayakan kedaulatan negara. Hadirnya globalisasi menyebabkan hilangnya batas pergaulan antar bangsa yang secara disadari ataupun tidak, telah memberikan dampak negatif yang kemudian menjadi ancaman bagi keutuhan sebuah negara termasuk Indonesia. Ancaman tersebut dapat dapat berdimensi ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya.

5. Pada hakikatnya ancaman dalam kebhinnekaan yang berdimensi politik dan bersumber dari dalam negeri dapat berupa pengerahan massa dan separatisme. Jelaskan maksud pernyataan tersebut!
Jawaban :

Maksud dari pernyataan tersebut adalah bahwa ancaman di bidang politik memiliki tingkat resiko yang besar dalam mengancam kedaulatan, keutuhan, dan keselamatan bangsa. Berikut penjelasannya,

- Pengerahan massa yaitu untuk menumbangkan suatu pemerintahan yang berkuasa, atau menggalang kekuatan politik untuk melemahkan kekuasaan pemerintah.

- Separatisme yaitu gerakan untuk mendapatkan kedaulatan melalui pola perjuangan politik tanpa senjata dengan menarik simpati masyarakat internasional.

1 Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 200 Uji Kompetensi 6"

Unknown mengatakan...

Makasihh , sangat membantu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel