Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 228 Uji Kompetensi 7

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Semester 2 Halaman 228 Bab 7 Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia Uji Kompetensi 7 Hal 228 Nomor 1 - 5 Essai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 10 di semester 2 halaman 228. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban ini adik-adik kelas 10 dapat menyelesaikan tugas Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia  Kelas 10 Halaman 228 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Semester 2.
kunci jawaban pkn kelas 10 halaman 228 uji kompetensi 7

Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 228 Uji Kompetensi 7

1. Wawasan Nusantara pada hakikatnya merupakan cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Jelaskan bagaimana pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks NKRI?
Jawaban :

Dalam konteks NKRI, Wawasan Nusantara sebagai wawasan nasional bangsa Indonesia dan merupakan perwujudan dari kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan. Sehingga Wawasan Nusantara merupakan hal yang sangat penting dalam konteks NKRI karena menjadi pola yang mendasari cara berpikir, bersikap dan bertindak dalam rangka menangani permasalahan yang menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

2. Wawasan Nusantara sebagai visi bangsa menjadikan bangsa Indonesia adalah bangsa yang satu dengan wilayah yang satu dan utuh pula. Berdasarkan hal tersebut jelaskan kedudukan, fungsi dan tujuan dari konsepsi Wawasan Nusantara bagi bangsa Indonesia! 
Jawaban :

Kedudukan, Wawasan Nusantara berkedudukan sebagai visi bangsa. Visi bangsa Indonesia sesuai dengan konsep Wawasan Nusantara adalah menjadi bangsa yang satu dengan wilayah yang satu dan utuh pula serta sebagai salah satu konsepsi ketatanegaraan Republik Indonesia.

Fungsi, sebagai landasan visional dalam menyelenggarakan kehidupan nasional bagi penyelenggaraan negara di tingkat pusat, daerah, maupun bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Tujuan, mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan individu, kelompok golongan, suku bangsa atau daerah.

3. Ketahanan nasional pada hakikatnya bergantung kepada kemampuan bangsa dan negara di dalam mendayagunakan secara optimal gatra alamiah. Jelaskan aspek trigatra dalam Wawasan Nusantara! 
Jawaban :

Aspek Trigatra dalam Wawasan Nusantara yaitu :

1) Letak dan Bentuk Geografis Indonesia, terletak pada 6 LU – 11 LS, 95 BT – 141 BT
2) Keadaan dan Kemampuan Penduduk, kemampuan penduduk yang tidak seimbang dengan pertumbuhan penduduk dapat menimbulkan ancaman terhadap pertahanan nasional
3) Keadaan dan Kekayaan Alam, jumlahnya yang terbatas dan penyebarannya tidak merata dapat menimbulkan ketergantungan dari dan oleh negara lain

4. Ketahanan nasional pada hakikatnya bergantung kepada kemampuan bangsa untuk penciptaan kondisi dinamis yang merupakan kekuatan dalam penyelenggaraan kehidupan nasional. Berdasarkan hal tersebut jelaskan aspek pancagatra dalam Wawasan Nusantara! 
Jawaban :

Aspek Pancagatra dalam Wawasan Nusantara yaitu :

1) Ideologi
Ideologi adalah pengetahuan dasar atau cita-cita. Ideologi merupakan konsep yang mendalam mengenai kehidupan yang dicita-citakan serta yang ingin diiperjuangkan dalam kehidupan nyata.

2) Politik
Dalam hal ini politik diartikan sebagai asas, haluan, atau kebijaksanaan yang digunakan untuk mencapai tujuan dan kekuasaan.

3) Ekonomi
Kegiatan ekonomi adalah seluruh kegiatan pemerintah dan masyarakat dalam mengelola faktor produksi dan distribusi barang dan jasa untuk kesejahteraan rakyat.

4) Sosial Budaya
Sosial budaya merupakan kondisi dinamis budaya bangsa yang berisi keuletan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi ATHG yang membahayakan kelangsungan hidup sosial NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

5) Pertahanan dan Keamanan
Pertahanan dan keamanan diartikan sebagai kondisi dinamis kehidupan pertahanan dan keamanan bangsa Indonesia yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi ATHG.

5. Implementasi Wawasan Nusantara senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh. Jelaskan implementasi Wawasan Nusantara dalam bidang IPOLEKSOSBUDHANKAM bagi bangsa Indonesia!
Jawaban :

1) Dalam kehidupan politik akan menciptakan iklim penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis. 

2) Dalam kehidupan ekonomi akan menciptakan tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara merata dan adil.

3) Dalam kehidupan sosial budaya akan menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima, dan menghormati segala bentuk perbedaan atau kebhinnekaan.

4) Dalam kehidupan Hankam akan menumbuhkembangkan kesadaran cinta tanah air dan bangsa, yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela negara pada setiap warga negara Indonesia. 

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 228 Uji Kompetensi 7"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel