Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 204 - 206 Uji Kompetensi 4

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 1 Halaman 204 - 206. Bab 4 Sistem Pencernaan Manusia Uji Kompetensi 4 Hal 204 - 206. Nomor 1 - 10 PG dan 1 - 5 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ipa bagi kelas 8 di semester 1 halaman 204 - 206. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban uji kompetensi 4 ipa kelas 8, adik-adik kelas 8 dapat menyelesaikan tugas Sistem Pencernaan Manusia Kelas 8 Halaman 204 - 206 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 1.

kunci jawaban ipa kelas 8 halaman 204 - 206 uji kompetensi 4


Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 204 - 206 Uji Kompetensi 4

Kunci Jawaban Pilihan Ganda Uji Kompetensi 4 IPA Kelas 8 Halaman 204

1. D. karbohidrat dan protein
2. D. makanan tidak mengandung karbohidrat
3. B. lemak dalam makanan tersebut mengubah sifat kertas
4. B. nasi tidak mengandung cukup protein dan lemak untuk tubuh
5. B. protein
6. C. air gula
7. D. kerongkongan
8. B. lambung
9. B. mekanis dan kimiawi
10. B. mulut dan usus halus

Kunci Jawaban Esai Uji Kompetensi 4 IPA Kelas 8 Halaman 206

1. Suatu bahan makanan ketika diuji dengan Biuret memunculkan warna ungu, ketika diuji dengan lugol tidak terjadi perubahan warna, dan ketika diuji dengan Benedict memunculkan warna merah bata. Mengandung bahan apakah makanan tersebut? Berikan contoh makanan tersebut! 
Jawaban :

- Diuji Biuret muncul warna Ungu berarti mengandung Protein, contoh makanannya : Telur
- Diuji Lugol tidak ada perubahan berarti tidak mengandung Amilum, contoh makanannya : Tahu
- Diuji Benedict muncul warna Merah Bata berarti mengandung Zat Gula, contoh makanannya : Donat

2. Sebutkan urutan saluran pencernaan dari awal hingga akhir! Mengapa waktu yang diperlukan makanan untuk dicerna pada tiap organ pencernaan berbeda-beda? Jelaskan!
Jawaban :

Urutan Saluran Pencernaan
Mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan waktu yang diperlukan makanan untuk dicerna berbeda-beda diantaranya adalah kandungan bahan makanan yang berbeda, perbedaan struktur organ pencernaan, ukuran panjang setiap organ berbeda, dan enzim yang dihasilkan pada tiap organ yang berbeda.

3. Makanan yang dikonsumsi seseorang dapat mengandung bakteri. Untuk mencegah berkembangnya bakteri tersebut, organ apakah yang dapat membunuh bakteri tersebut? Bagaimana cara kerja organ tersebut? 
Jawaban :

Organ yang dapat membunuh bakteri adalah organ lambung, karena di lambung menghasilkan HCl. HCl merupakan asam yang dapat membunuh bakteri.

4. Apabila seseorang makan daging ayam, organ apakah yang paling berperan untuk mencerna bahan makanan tersebut secara kimiawi? 
Jawaban :

Pada daging ayam mengandung protein. Organ yang berperan ialah organ lambung karena lambung menghasilkan enzim pepsin yang dapat mengubah protein menjadi proteosa. Usus halus, tripsinogen yang dihasilkan pankreas masuk ke usus halus. Tripsinogen mengubah protein menjadi polipeptida. Dinding usus halus menghasilkan enzim enterokinase yang mengubah tripsinogen menjadi tripsin.

5. Apa yang akan terjadi pada proses pencernaan makanan, jika pankreas tidak dapat berfungsi untuk menghasilkan enzimenzimnya ke dalam usus halus?
Jawaban :

Akibatnya adalah tidak terjadinya pencernaan kimiawi oleh getah pankreas. Amilum tidak dicerna oleh Enzim Karbohidrase menjadi maltosa atau disakarida lainnya. Emulsi lemak tidak diubah menjadi asam lemak dan gliserol oleh enzim lipase, protein tidak diubah menjadi polipeptida oleh tripsin, dan amilum tidak diubah menjadi maltosa oleh amilase. 

5 Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 204 - 206 Uji Kompetensi 4"

Unknown mengatakan...

Persingkat jawabannya wooyy

Feri Irawan mengatakan...

Halo admin..
saya FERI IRAWAN.


Apakah anda punya lowongan untuk blog ini, misalnya desain blog yang berurusan dengan kode-kode yang di blog ini.

Jika tersedia lowongan, mohon balas komentar ini, Saya siap membantu.

NAURELLE TH mengatakan...

Maaf untuk yang nomer 2. Seharusnya jawabannya B yaitu makanan mengandung protein. Tapi selebihnya sangat membantu. Terimakasih banyak. Sukses ya :)

Unknown mengatakan...

min, maaf bukannya yang nomor 2 itu mengandung protein ya...?

Unknown mengatakan...

Kepanjangan jawabannya Ampe gw habis 3lembar kertas njir tapi gpp lah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel