Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 185, 186 Uji Kompetensi 5

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Semester 1 Halaman 185, 186 Bab 5 Kalor dan Perpindahannya Uji Kompetensi 5  Hal 185, 186 Nomor 1 - 5 Review dan 1 - 4 Penerapan. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ipa bagi kelas 7 di semester 1 halaman 185, 186. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban uji kompetensi 5 ipa kelas 7, adik-adik kelas 7 dapat menyelesaikan tugas Kalor dan Perpindahannya kelas 7 Halaman 185, 186 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Semester 1.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 185, 186 Uji Kompetensi 5

Review

1. Jelaskan pengertian kalor.
Jawaban : Kalor adalah suatu bentuk energi yang berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda yang memiliki suhu lebih rendah.

2. Kamu memanaskan air dalam panci aluminium dengan kompor gas. Benda apa saja yang menerima kalor pada pemanasan itu? Jelaskan.
Jawaban :

Benda yang menerima kalor pada pemanasan tersebut adalah Panci, dan Air. Yang menerima kalor pertama kali adalah Panci Alumunium yang kemudian terjadi perpindahan kalor dari panci ke air.

3. Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?
Jawaban : Maksudnya adalah apabila mencairkan atau meleburkan es sebanyak 1 gram diperlukan energi kalor sebesar 80 kalori.

4. Sebutkan persamaan dan perbedaan antara konduksi dan konveksi.
Jawaban :

Persamaan : cara perpindahannya panas melalui perantara
Perbedaan : Perpindahan panas  pada cara konduksi melalui perantara tanpa disertai perpindahan partikel-partikel zat perantara tersebut. Sedangkan pada cara konveksi melalui perantara yang disertai dengan perpindahan partikel-partikel zat perantaranya.

5. Mengapa seekor anjing setelah berlarian akan menjulurkan lidahnya? Jelaskan.
Jawaban : Karena anjing merupakan mamalia bersuhu tetapi sehingga akan mempertahankan suhu tubuh yang tetap. Ketika anjing berlari suhu tubuh akan meningkat sehingga anjing perlu menjulurkan lidahnya untuk mempercepat pelepasan kalor ditubuhnya agar suhu tubuhnya kembali normal.

Penerapan

1. Tentukan kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 2 kg air, sehingga suhunya naik 50oC. Kalor jenis air 4200 J/(kg K).
Jawaban :

Q = m x c x ΔT
= 2 x 4.200 x 50
= 420.000 J
= 420 KJ

Jadi, besar kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu air tersebut adalah 420 KJ.

2. Gambarkan arus konveksi pada gambar di bawah ini.
kunci jawaban ipa kelas 7 halaman 185, 186 uji kompetensi 5
Jawaban :
kunci jawaban ipa kelas 7 halaman 185, 186 uji kompetensi 5

3. Semangkok air dan semangkok alkohol yang ukurannya sama diletakkan di atas meja di dekat jendela pada siang hari yang cerah. 
Jawaban :

Pilihan yang tepat adalah yang C, Hal ini dikarenakan titik didih air dan alkohol berbeda. Titik didih alkohol lebih rendah dibandingkan titik didih air, sehingga menyebabkan alkohol lebih banyak menguap daripada air.

4. Sendok logam, sendok plastik, dan sendok keramik diletakkan pada air panas. Setelah 15 detik, adakah sendok yang terasa paling panas? Coba jelaskan.
Jawaban : Sendok yang terasa paling panas adalah sendok logam karena logam adalah konduktor yang baik untuk menghantarkan panas. Sedangkan sendok plastik dan sendok keramik merupakan isolator.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 185, 186 Uji Kompetensi 5"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel