Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 214, 215 Uji Kompetensi 6

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Semester 1 Halaman 214, 215 Bab 6 Energi dalam Sistem Kehidupan Uji Kompetensi 6  Hal 214, 215 Nomor 1 - 6 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ipa bagi kelas 7 di semester 1 halaman 214, 215. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban uji kompetensi 6 ipa kelas 7, adik-adik kelas 7 dapat menyelesaikan tugas Energi dalam Sistem Kehidupan kelas 7 Halaman 214, 215 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Semester 1.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 214, 215 Uji Kompetensi 6

1. Karbohidrat, lemak, dan protein merupakan sumber energi. Apa yang terjadi jika kita kelebihan mengomsumsi zat-zat tersebut? Bagaimana jika kekurangan? Coba jelaskan.
Jawaban :

Kelebihan karbohidrat menyebabkan diabetes melitus, obesitas, dan metabolisme tubuh tidak lancar. Kelebihan lemak obesitas, penyumbatan pembuluh darah, jantung koroner dan stroke. Kelebihan protein menyebabkan gangguan kerja hati, ginjal dan peningkatan kadar asam dalam tubuh.

Kekurangan karbohidrat dan protein akan menyebabkan gizi buruk dan kwasiorkor. Jika kekurangan lemak dapat mengganggu memori/ingatan dan konsentrasi.

2. Kelompokkan energi ke dalam kelompok sumber energi yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. (Coret yang salah).
Jawaban :
kunci jawaban ipa kelas 7 halaman 214, 215 uji kompetensi 6

3. Bagaimana cara kerja kincir angin? Jelaskan.
Jawaban :

1. Angin akan meniup bilah kincir angin sehingga membuat bilah bergerak
2. Bilah kincir angin yang terhubung dengan poros dihubungkan ke gearbox
3. Kecepatan poros dari gearbox yang terhubung ke generator ditingkatkan dengan mengatur perbandingan roda gerigi
4. Generator merubah energi mekanik menjadi energi listrik

4. Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan.
Jawaban :

- Energi fosil adalah energi yang dihasilkan dari bahan bakar fosil, yaitu bahan bakar yang terbentuk dari proses dekomposisi anaerobik dari sisa-sisa organisme purba selama ratusan juta tahun

- Karena penggunan berlebihan dapat menyebabkan polusi udara, selain itu dapat menyebabkan bahan bakar fosil habis karena energi fosil merupakan energi yang tidak dapat diperbaharui.

5. Olahraga teratur tetapi tidak berlebihan baik bagi kesehatan kita.
Jawaban :

a) - Apakah hal di bawah ini terjadi ketika otot dilatih/ bekerja = ya
- otot menerima peningkatan suplai darah = ya
- lemak terbentuk di otot = tidak

b) Karena ketika sedang berolahraga tubuh kita membutuhkan energi yang banyak sehingga tubuh memerlukan oksigen yang banyak agar dapat melakukan proses metabolisme.

c) Karena tubuh sesorang yang belum mengonsumsi makanan tidak memiliki cadangan energi yang cukup. Sehingga orang tersebut akan merasa keletihan karena kekurangan enegi.

6. Sebutkan 3 contoh hasil penambangan perut bumi yang digunakan sebagai sumber energi.
Jawaban : 

- Minyak Bumi
- Batu Bara
- Bijih Besi

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 214, 215 Uji Kompetensi 6"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel