Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 210 Aktivitas Kelompok

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 210. Bab 4 Kondisi Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan Aktivitas Kelompok Bab IV Hal 221 Nomor 1 - 5 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ips bagi kelas 8 di halaman 210. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban Aktivitas Kelompok bab 4 ips kelas 8, adik-adik kelas 8 dapat menyelesaikan tugas Kondisi Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan Kelas 8 Halaman 210 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban Aktivitas Kelompok Bab IV IPS Kelas 8.

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 210 Aktivitas Kelompok

Belanda melakukan kerja paksa di berbagai daerah. Untuk mengetahui bentuk kerja paksa di daerah lain, kalian dapat melakukan kegiatan berikut ini.
1. Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang.
2. Carilah buku, majalah, atau internet yang menceritakan kegiatan kerja paksa pada masa Belanda.
3. Tuliskan hasil diskusimu dalam tabel berikut ini.
4. Presentasikan hasilnya di depan kelas.
kunci jawaban ips kelas 8 halaman 210 aktivitas kelompok
5. Setelah kegiatan presentasi selesai, buatlah catatan kesimpulan materi yang kalian pelajari.

Jawaban :

1) Nama Proyek : Jalan Raya POS
Tempat : Anyer sampai Panarukan
Bentuk Kerja Paksa : Membangun Jalan yang panjangnya kurang lebih 1000 km dari utara Pulau Jawa (Anyer) sampai ke Panarukan. Para pekerja disuruh kerja Rodi.

2) Nama Proyek : Pangkalan Armada Ujung Kulon
Tempat : Ujung Kulon
Bentuk Kerja Paksa : Daendels meminta kepada Sultan Banten untuk mempersiapkan 1000 orang untuk membangun sebuah pangkalan Armada. Banyak para pekerja yang meninggal karena sakit dan wabah malaria.

3) Nama Proyek : Benteng Pertahanan Meester Cornelis
Tempat : Meester Cornelis (Jatinegara)
Bentuk Kerja Paksa : Membangun tempat pelatihan militer sekaligus melatih prajurit sipil pribumi untuk mendukung Belanda.

4) Nama Proyek : Pabrik Senjata
Tempat : Semarang dan Surabaya
Bentuk Kerja Paksa : Pemerintah membangun pabrik senjata di Semarang dan Surabaya, dengan memperkerjakan pribumi tanpa digajih.

5) Nama Proyek : Cultuurstelsel (Tanam Paksa)
Tempat : Seluruh wilayah pertanian di Indonesia
Bentuk Kerja Paksa : Masyarakat pribumi harus memberikan 20% tanahnya untuk komoditas ekspor, sedangkan yang tidak memiliki tanah diwajibkan untuk bekerja selama 75 hari dalam setahun di kebun milik pemerintah Belanda dan tanpa digajih.

Kesimpulan :
Segala bentuk kerja sama antara masyarakat pribumi dengan Belanda pada akhirnya akan berakhir dengan bentuk kerja paksa. Kerja paksa yang dilakukan Belanda tidak tanggung-tanggung hingga membuat rakyat Indonesia pada saat itu sangat menderita wabah penyakit, kelaparan dan masalah sosial lainnya. Penerapan kerja Rodi ini tentu tidak sesuai dengan hak-hak asasi manusia.

0 Response to "Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 210 Aktivitas Kelompok"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel