Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 205 Aktivitas Kelompok

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 205. Bab 4 Kondisi Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan Aktivitas Kelompok Bab IV Hal 205 Nomor 1 - 4 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ips bagi kelas 8 di halaman 205. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban Aktivitas Kelompok bab 4 ips kelas 8, adik-adik kelas 8 dapat menyelesaikan tugas Kondisi Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan Kelas 8 Halaman 205 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban Aktivitas Kelompok Bab IV IPS Kelas 8.

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 205 Aktivitas Kelompok

1. Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5 orang.
2. Perhatikan teks berikut ini. 
kunci jawaban ips kelas 8 halaman 205 aktivitas kelompok
3. Berdasarkan teks tersebut, diskusikan:
  • Siapa yang paling berkuasa menentukan harga beli kepada petani?
  • Siapa yang paling menentukan harga jual kepada pedagang lain?
  • Bagaimana nasib pedagang lain yang sama-sama ingin berdagang komoditas tersebut?
4. Catatlah simpulan hasil diskusi kelompokmu dan tuliskan kesimpulan akhir pada buku catatanmu. Tanyakan kepada guru hal-hal yang kalian anggap belum jelas.
Jawaban :

- Yang paling berkuasa menentukan harga beli cengkih kepada petani adalah Perusahaan dagang Belanda VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie).
- Yang paling berkuasa dalam menentukan harga jual rempah-rempah rakyat Maluku juga adalah VOC.
- Nasib pedagang lain terpaksa harus membeli komoditas tersebut dengan harga yang sangat mahal karena komoditas tersebut sudah dimonopoli oleh VOC yang artinya yang menentukan harga jual dan beli merupakan pihak VOC itu sendiri dan tidak boleh ada yang menentangnya atau akan dihukum dan diadili.

Simpulan :
Sikap Perusahaan dagang Belanda VOC sangat tidak adil dalam berbisnis, karena mereka memonopoli suatu komoditas untuk memperkaya diri mereka sendiri. Sikap yang serakah ini juga membuat dampak buruk bagi masyarakat Indonesia yang harus menjual hasil tanaman-nya dengan harga murah.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 205 Aktivitas Kelompok"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel