Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 221 Aktivitas Individu

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 221. Bab 4 Kondisi Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan Individu Bab IV  Hal 221 Nomor 1 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ips bagi kelas 8 di halaman 221. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban Aktivitas Individu bab 4 ips kelas 8, adik-adik kelas 8 dapat menyelesaikan tugas Kondisi Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan Kelas 8 Halaman 221 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban Aktivitas Individu Bab IV IPS Kelas 8.

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 221 Aktivitas Individu

1. Carilah buku, majalah, atau internet yang menceritakan tentang perlawanan rakyat terhadap VOC. 
2. Pilihlah salah satu kisah perlawanan tersebut!
3. Bacalah dengan seksana latar belakang, proses, dan akhir perlawanan tersebut!
4. Buatlah rangkuman tentang perlawanan tersebut dan tuliskan sepanjang 1-2 halaman dan tuliskan komentarmu terhadap perlawanan tersebut
5. Tukarkan hasil rangkumanmu dengan 2 (dua) temanmu!
6. Catatlah pelajaran penting dari perlawanan tersebut!
Jawaban :

Rangkuman  Kisah Perlawanan Rakyat Maluku :
Pada mulanya Belanda datang ke Maluku untuk membeli rempah-rempah, karena di Maluku merupakan surganya rempah-rempah oleh bangsa barat. Akan tetapi lama-kelamaan Belanda ingin memonopoli rempah-rempah yang ada di Maluku. Sehingga Belanda bersama VOC menetapkan kebijakan dan aturan-aturan yang membuat rakyat Maluku menjadi sengsara akibat penindasan tersebut.

kunci jawaban ips kelas 8 halaman 221 aktivitas individu
(gambar Kapitan Pattimura)

Akibat keserakahan pihak Belanda tersebut, Kapitan Pattimura (pahlawan Indonesia asal Maluku) berusaha untuk melakukan perlawanan dengan menolak kehadiran bangsa Belanda di Maluku. Kemudian Kapitan Pattimura bersama rakyat maluku bersama-sama membakar kapal-kapal milik Belanda di pelabuhan Porto pada tanggal 15 Mei 1817 dan menyerang Benteng Duurstede hingga berhasil menguasainya.

Selanjutnya pada bulan Oktober, Belanda mengerahkan pasukan besar-besaran ke Maluku untuk menangkap Kapitan Pattimura bersama para pengikutnya. Kapitan Pattimura dan para pengikutnya berhasil ditangkap dan diadili oleh Belanda pada 16 Desember 1817. Bersama dengan penangkapan tersebut berakhirnya perlawanan rakyat Maluku.

Komentar :
Sikap pemberani dari Kapitan Pattimura sangat bagus untuk dicontoh, dengan gagah berani Pattimura berhasil mengalahkan Belanda meskipun pada akhirnya ditangkap.

0 Response to "Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 221 Aktivitas Individu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel