Cara daftar sensus penduduk 2020 online terbaru

Berdasarkan World Population and Housing Programme (UN Recommendation) yang mewajibkan setiap negara untuk melakukan sensus penduduk minimal 10 tahun sekali, maka pada tahun 2020 ini pemerintah Indonesia melakukan SP2020. Sensus penduduk tahun 2020 ini dilakukan secara online menggunakan jaringan internet.

Tujuan SP2020 dilakukan secara online adalah literasi masyarakat Indonesia tentang penggunaan teknologi sudah semakin baik sehingga untuk memudahkan proses serta administrasi penduduk, pemerintah mencanangkan sensus penduduk online karena dapat dilakukan dimana saja kapan saja secara mandiri dan online.

cara daftar sensus penduduk 2020


Berikut ini langkah - langkah untuk melakukan sensus penduduk secara online 2020 :

  1. Membuka halaman web situs sensus penduduk online https://sensus.bps.go.id/login.
  2. Menyiapkan surat atau dokumen Kartu Keluarga/KTP/Dokumen Cerai/Buku Nikah/Surat Keterangan Kematian/ Surat untuk anggota keluarga tambahan.
  3. Isi identitas No.KK serta NIK di kolom yang sudah disediakan.
  4. Isi 6 angka captcha pada kolom captcha. Jika captcha tidak muncul, klik tulisan "klik disini"
    cara melakukan sensus penduduk 2020 secara online
  5. Jika sudah, klik "Cek Keberadaan".
  6. Jika data yang telah anda masukan benar, selanjutnya akan muncul daftar nama anggota keluarga sesuai dengan yang tertera pada Kartu Keluarga.
  7. Tambahkan anggota keluarga yang baru dan belum terdaftar, misalnya bayi maupun anak angkat.
  8. Hapus anggota keluarga yang sudah meninggal.
  9. Perbaharui data untuk setiap masing-masing anggota keluarga dengan rincian berikut : Nama lengkap, Alamat KTP, Alamat sekarang, Lama tinggal, Jenis kelamin, Tempat lahir, Agama, Tanggal lahir, Status perkawinan, Pendidikan terakhir, Pekerjaan, Jabatan, Jenis pekerjaan.
  10. Perbaharui kondisi tempat tinggal anda sekarang.
  11. Jika anda masih ragu atau ingin menyimpan data sementara anda dapat menekan tombol "simpan sementara", tetapi jika anda sudah yakin anda dapat menekan tombol "simpan data".
  12. Selesai.

Seluruh informasi yang anda berikan ke situs tersebut dijamin kerahasiaanya menurut Undang Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Dengan adanya peran serta anda dalam mengisi sensus penduduk tahun 2020 anda secara langsung membantu pemerintah untuk mendapatkan data penduduk Indonesia yang lebih akurat. Sehingga memudahkan pemerintah dalam mengambil keputusan untuk perencanaan pembangunan yang lebih baik.

Jika anda tertarik dengan artikel ini, bantu share artikel ini ke grup whatsapp anda untuk membantu pemerintah mendapatkan data yang lebih akurat.

0 Response to "Cara daftar sensus penduduk 2020 online terbaru"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel