Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 191 - 195

Evaluasi Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut secara mandiri untuk mengukur pemahamanmu terhadap topik pembahasan yang telah kita pelajari di tema ini.
Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 191 - 195 www.kosingkat.id

A. Pilihan Ganda

1. Mengapa peran pemuda sangat penting untuk mencapai kemajuan Indonesia maju di tahun 2045? 
Jawaban : B

B. Pemuda adalah tenaga produktif yang potensial  

2. Peran yang dapat dilakukan sebagai pemuda terhadap pembangunan Indonesia sesuai dengan penjelasan dalam wacana tersebut adalah … 
Jawaban : C

C. Melestarikan semangat persatuan untuk mencapai kemajuan

3. Perhatikan beberapa hal berikut: 
1. Pantang menyerah 
2. Rela Berkorban 
3. Senang meraih keuntungan 
4. Mendorong persatuan 
Perwujudan semangat sumpah pemuda yang bisa menjadi kunci kesuksesan pembangunan ditunjukkan oleh nomor ... 
Jawaban : D

D. 2, 4, dan 1

4. Perhatikan grafik berikut. Pernyataan yang sesuai dengan isi grafik tersebut adalah …. 
Jawaban :

5. Apa contoh perilaku yang bisa kita lakukan dalam keseharian untuk mendukung pembangunan di Indonesia? 
Jawaban : C

C. Mencari solusi untuk permasalahan di lingkungan sekitar.

B. Esai 

1. Berbagai upaya pembangunan infrastruktur gencar dilakukan di setiap periode pemerintahan di Indonesia. Harapannya pembangunan infrastruktur tersebut dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Menurutmu, mengapa pembangunan infrastruktur dapat berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat? 
Jawaban :

Infrastruktur adalah segala fasilitas yang dibangun untuk membantu atau mempermudah aktivitas masyarakat. Dibangunnya infrastruktur seperti gedung kesehatan dan pendidikan dapat membantu meningkatkan kesehatan dan pendidikan, sementara infrastruktur jalan akan membantu mempermudah transportasi sehingga aktivitas ekonomi penduduk bisa lebih lancar.

2. Bagaimana ciri-ciri dari proses pembangunan yang dilakukan di setiap masa pemerintahan di Indonesia? Dari ketiga orde pemerintahan tersebut, menurutmu pembangunan di orde manakah yang paling membawa dampak signifikan bagi kemajuan Indonesia? Jelaskan alasannya. 
Jawaban :

Orde Lama:
- Menekankan pada pembangunan politik.
- Pembangunan didasari oleh politik mercusuar.
- Pembangunan tidak bisa berjalan efektif karena situasi negara belum stabil

Orde Baru:
- Menekankan pada pembangunan ekonomi.
- Mencapai keberhasilan dalam menyediakan pangan (swasembada beras).
- Fokus pada rencana pembangunan lima tahunan (Repelita).

Orde Reformasi:
- Menekankan pada pembangunan infrastruktur.
- Dibarengi dengan keterbukaan pada bidang politik (ada kebebasan pers).
- Ditandai dengan berbagai kebijakan pembangunan dari setiap periode presiden.

Keismpulan:
Menurut saya, pembangunan yang paling membawa dampak signifikan adalah pada masa orde baru. Pada masa itu, ada pencapaian besar dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi, pembangunan industri, dan infrastruktur, meskipun dengan keterbatasan pada bidang demokrasi dan hak asasi manusia.

3. Perhatikan gambar berikut. Pertumbuhan ekonomi sering digunakan sebagai tolok ukur pembangunan, namun kenyatannya pertumbuhan ekonomi yang tinggi belum menjamin pemerataan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Deskripsikan pendapatmu. 
Jawaban :

Pertumbuhan ekonomi hanya didasarkan pada jumlah nilai produksi barang dan jasa dalam aktivitas ekonomi di suatu negara. Di samping itu, pertumbuhan ekonomi tidak menghitung tingkat pemerataan kekayaan penduduk.

4. Karakteristik dari negara maju dapat dilihat dari berbagai hal, yakni: tingkat kesejahteraan, kualitas sumber daya manusia, perkembangan industri dan perdagangan, serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dari keempat karakteristik tersebut, karakteristik kualitas sumber daya manusia adalah yang paling berkaitan dengan peran kita sebagai pelajar di Indonesia. Apa hal yang dapat kita lakukan sebagai pelajar untuk bisa mendukung pengembangan kualitas sumber daya manusia di Indonesia? 
Jawaban :

Sebagai pelajar kita bisa mendukung dengan Bersekolah yang rajin sehingga bisa menjadi ahli di suatu bidang tertentu. Di samping itu kita juga bisa membantu masyarakat lain dengan melakukan sosialisasi tentang arti penting menjaga sanitasi/bersekolah/menjadi pengusaha yang kreatif.

5. Proses pembangunan dalam berbagai bidang telah dilakukan oleh negara Indonesia sejak masa kemerdekaan hingga saat ini. Menurutmu, apakah sejauh ini proses pembangunan yang sudah dilakukan tersebut dapat dikatakan berhasil? Jelaskan alasannya!
Jawaban :

Jika dilihat dari tolok ukur keberhasilan pembangunan seperti pertumbuhan ekonomi dan indeks pembangunan manusia. Maka pembangunan di Indonesia sudah berhasil dalam beberapa hal seperti tingkat pertumbuhan ekonomi, kualitas kesehatan, dan pendidikan. Sementara Indonesia masih belum berhasil dalam meningkatkan standar hidup/pendapatan rata-rata penduduknya.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 191 - 195"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel