Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 129, 130

Mari Uji Kemampuan Kalian
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 129, 130 www.kosingkat.id

1. Tulislah reaksi netralisasi yang terjadi pada saat petani mencampurkan kalsium hidroksida di atas tanah yang mengandung asam. Gunakan rumus kimia HX untuk asam dalam tanah. 
Jawaban :

Ca(OH)₂ + 2HX(aq) → CaX₂ + 2H₂O 
Jadi dapat juga dijawab: Kalsium hidroksida + HX → kalsium X dan air.

2. Saat tersengat lebah ada cairan asam yang diinjeksikan atau dimasukkan ke dalam lapisan kulit kita. Bagaimana cara meredakan sengatan tersebut ditinjau dari konsep asam-basa? 
Jawaban :

Diberikan basa untuk menetralisir cairan asam yang masuk tersebut, misalnya campuran antara soda kue dan air dibuat dalam bentuk pasta lalu dioleskan pada bagian yang tersengat lebah.

3. Hujan asam memberikan dampak yang kurang baik pada lingkungan, baik pada tumbuhan, hewan perairan, maupun pada bangunan dan monument/patung yang ada di luar ruangan. Mengapa bisa demikian? Jelaskan semua dampak yang ditimbulkan. 
Jawaban :

a. Hujan asam dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan manusia, khususnya pada sistem pernapasan seperti asma, bronkitis, dan pneumonia. Hal ini terjadi karena polusi udara yang disebabkan oleh gas SOx dan NOx yang berukuran kecil dapat terhirup oleh manusia sehingga dapat merusak paru-paru dan mengganggu kerja jantung.

b. Hujan asam merusak hutan karena air hujan yang bersifat asam bereaksi dengan mineral di dalam tanah (misalnya magnesium dan kalsium) yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh. Juga adanya hujan asam mengikis dan membawa unsur aluminium dari tanah liat ke dalam tanah, yang mengakibatkan tanaman sulit memperoleh air dari tanah.

c. Hujan asam merusak kehidupan dalam ekosistem sungai dan perairan karena menyebabkan penurunan pH atau kenaikan derajat keasaman pada air sungai dan perairan. Penurunan pH air dan adanya unsur aluminium yang terbawa oleh air hujan asam dan menumpuk pada aliran sungai menyebabkan kematian fitoplankton, berbagai jenis ikan, katak dan komponen lainnya dalam ekosistem perairan.

d. Hujan asam merusak bangunan, monumen, patung, dan mobil. Hal ini terjadi karena senyawa dalam hujan asam menyebabkan lapisan permukaan bangunan, patung, dan mobil rusak, cat menjadi rusak dan sangat cepat memudar, logam lebih cepat berkarat

4. Suatu kolam renang perlu selalu dicek pH-nya sebelum digunakan agar tidak membahayakan orang yang berenang. pH terbaik adalah antara 7,0-7,5. Suatu ketika pH kolam terdeteksi 5,0. Apa yang akan kamu lakukan untuk membuat pH naik?
Jawaban :

Menambahkan baking soda (soda kue) atau bubuk natrium karbonat (atau soda abu) ke dalam air kolam.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 129, 130"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel