Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 124

Mencermati Sifat Tokoh dalam Karya Fiksi Cermatilah sifat tokoh-tokoh cerita “Parki dan Alergi Telur”. Tulislah sifatsifat mereka pada tabel seperti berikut. Tabel 4.3 Penokohan Cerita “Parki dan Alergi Telur” 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 124

Parki 
Jawaban :

- Identitas diri: Namanya adalah Parki, jenis kelamin laki-laki, kelas 5 SD, perkiraan usia 11-12 tahun. Bisa ditemukan pada paragraf 3, 25 dan 32.

- Latar belakang/alasan bertindak: Tindakannya adalah Parki terlalu berlebihan dalam mengonsumsi telur. Alasannya adalah muncul bintitan yang disebabkan oleh konsumsi telur yang berlebihan tersebut. Bisa ditemukan pada paragraf 1 dan 15.

- Sifat atau karakter tokoh: Tidak menyukai sesuatu yang monoton. Bisa ditemukan pada sifatnya yang tidak menyukai makan telur dan buah jeruk setiap hari.

Ibu Parki 
Jawaban :

- Identitas diri: Namanya adalah Ibu Parki, berjenis kelamin perempuan, ibu rumah tangga usia sekitar 34-36 tahun. Bisa ditemukan di paragraf 1, 5, 8 dan 9.

- Latar belakang/alasan bertindak: Tindakannya adalah menyuruh konsumsi telur berlebihan kepada anaknya dengan alasan panik mengetahui anaknya ada bintitan. Bisa ditemukan di paragraf 1, 4, 5 dan 9.

- Sifat atau karakter tokoh: Memaksakan kehendak sendiri. Bisa ditemukan di sifatnya yang menyuruh anaknya untuk konsumsi telur setiap hari.

Ayah Parki
Jawaban :

- Identitas diri: Namanya adalah Ayah Parki, berjenis kelamin laki-laki, seorang kepala rumah tangga, berusia sekitar 37-39 tahun. Bisa ditemukan di paragraf 10, 14, 15 dan 18.

- Latar belakang/alasan bertindak: Tindakannya adalah berusaha tenang menghadapi kepanikan istrinya dengan alasan menganggap bintitan adalah hal yang biasa.

- Sifat atau karakter tokoh: Kalem dan bijaksana. Bisa ditemukan pada sifatnya yang tetap tenang saat istrinya panik.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 124"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel