Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 28

Lembar Aktivitas 9 Aktivitas Individu 1. Cari dua cerita rakyat dari berbagai daerah dan tuliskan cerita rakyat tersebut baik itu berupa legenda, mitos atau dongeng.
Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 28 www.kosingkat.id

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 28

2. Refleksikan cerita tersebut untuk mengetahui nilai-nilai moral yang terkandung. Kumpulkan ke guru untuk dijadikan satu kumpulan cerita rakyat dari hasil tugas tersebut. 
Jawaban :

1. Cerita Rakyat "Timun Mas" (Jawa Timur)
Cerita ini bercerita tentang seorang gadis yang terlahir dari sebatang timun. Ketika dewasa, Timun Mas melarikan diri dari seorang iblis yang ingin memakannya. Dalam pelariannya, ia bertemu dengan makhluk-makhluk yang membantunya dan memberikan bantuan saat dihadapkan pada rintangan. Timun Mas akhirnya berhasil mengalahkan iblis dan hidup bahagia.
Nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita ini antara lain keberanian, kerjasama, dan kebijaksanaan dalam menghadapi tantangan hidup.

2. Cerita Rakyat "Malin Kundang" (Sumatra Barat)
Cerita ini mengisahkan tentang seorang anak kapal bernama Malin Kundang yang durhaka terhadap ibunya. Malin Kundang kemudian menjadi kaya raya dan melupakan ibunya. Ketika Malin Kundang kembali ke kampung halamannya sebagai seorang kapten, ibunya yang telah menjadi tua menghadangnya dan mengutuknya menjadi batu.
Nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita ini adalah pentingnya menghormati orang tua, tanggung jawab, dan akibat dari perbuatan buruk.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 28"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel