Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 159

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 159 Kurikulum Merdeka Bab 5 Unsur, Senyawa, Dan Campuran Hal 159 Nomor 1 - 5 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ipa bagi kelas 8 di semester 2 halaman 159. 
kunci jawaban ipa kelas 8 halaman 159

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 159

1. Sediakan 4 gelas yang setengahnya terisi air dan 3 buah sendok makan. Gelas pertama adalah gelas kontrol, tidak perlu menambahkan apapun dalam gelas berisi air ini. 
2. Pada gelas kedua, masukkan 4 sendok makan gula. Pada gelas ketiga, masukkan 4 sendok makan minyak. Pada gelas keempat, masukkan 4 sendok makan pasir.
3. Aduk ketiga gelas tersebut, amati apa yang terjadi. 
4. Catat hasil pengamatanmu, apakah gula, minyak, dan pasir masih dapat terlihat? 
Jawaban :

- Gula tidak dapat terlihat karena larut dalam air
- Minyak masih dapat terlihat karena membentuk lapisan di atas air
- Pasir masih dapat terlihat karena mengendap ke dasar gelas

5. Bandingkan dengan gelas kontrol. Apa saja perbedaan yang tampak? Aktivitas ini menunjukkan salah satu cara sederhana pembuatan campuran. Dari hasil pengamatan, menurutmu apa yang dimaksud dengan campuran?
Jawaban :

Hasil pengamatan dapat dicatat bahwa gula dan air membentuk campuran homogen transparan tanpa bahan terpisah yang terlihat, minyak dan air membentuk campuran heterogen karena terlihat seperti dua fase yang terpisah, sedangkan pasir dan air membentuk campuran heterogen yang terlihat seperti campuran tidak tercampur. Perbedaan yang terlihat antara gelas kontrol dan tiga gelas lainnya meliputi warna, kejernihan, kepadatan, dan kemampuan bahan untuk tercampur atau terpisah dari air.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 159"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel