Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 163

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 163 Kurikulum Merdeka Bab 5 Unsur, Senyawa, Dan Campuran Hal 163 Nomor 1 - 2 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ipa bagi kelas 8 di semester 2 halaman 163. 

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 163

Menganalisis Hubungan Unsur, Atom, Molekul, Senyawa, Campuran, dan Larutan. Tono membuat diagram hubungan dari berbagai istilah yang dipelajarinya dalam bab ini. Bentuk diagramnya seperti pada gambar berikut. Dari diagram ini ada beberapa kesalahan yang dibuat Tono. 
1. Tuliskan kesalahan apa saja yang ia lakukan berdasarkan pengetahuan yang sudah kalian dapatkan dari bab ini. 
Jawaban :

(1) Semua atom termasuk unsur
(2) Senyawa tidak termasuk campuran

2. Rancanglah diagram hubungan sesuai dengan pemahamanmu.
Jawaban :

- Atom:
Merupakan unit terkecil dari suatu unsur. Atom terdiri dari inti atom yang terdiri dari proton dan neutron, serta elektron yang mengelilingi inti atom.

- Unsur:
Merupakan suatu jenis atom yang memiliki jumlah proton yang sama di dalam inti atomnya. Unsur memiliki sifat-sifat kimia yang unik dan dapat ditemukan dalam tabel periodik.

- Campuran:
Merupakan kombinasi dari dua atau lebih jenis zat murni (bisa berupa unsur, senyawa, atau campuran) yang tidak terikat secara kimiawi. Pada campuran, komponen-komponen yang membentuk campuran masih dapat dipisahkan kembali secara fisik.

- Senyawa:
Merupakan kombinasi dari dua atau lebih unsur yang terikat secara kimiawi dengan perbandingan tertentu. Senyawa memiliki sifat-sifat yang berbeda dengan unsur-unsurnya dan dapat dipisahkan kembali melalui reaksi kimia.

- Molekul:
Merupakan kumpulan dari dua atau lebih atom yang terikat secara kovalen. Molekul dapat berupa senyawa atau campuran molekul. Senyawa molekul terbentuk dari ikatan kovalen antara atom-atom yang berbeda, sedangkan campuran molekul terbentuk dari ikatan kovalen antara atom-atom yang sama atau serupa.
kunci jawaban ipa kelas 7 halaman 163

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 163"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel