Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 96 Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Semester 2 Halaman 96 Kurikulum Merdeka Bab 4 Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda Hal 96 Uji Kompetensi Nomor 1 - 3 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 8 di semester 2 halaman 96.
kunci jawaban ppkn kelas 8 halaman 96 kurikulum merdeka www.kosingkat.id

Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 96 Kurikulum Merdeka

1. Pada sebuah sekolah terdapat organisasi siswa OSIS, MPK, PMR, dan Pramuka. Suatu hari, organisasi-organisasi sekolah mengadakan rapat kerja bersama. Setiap organisasi menyampaikan program kerjanya masing-masing.  Bila kalian dimintai pendapat, bagaimana pendapat kalian sebagai solusi dan titik temu dari persoalan di atas? 
Jawaban :

Pendapat saya sebagai solusi dan titik temu dari persoalan tersebut, saya akan menyarankan agar organisasi-organisasi sekolah tersebut dapat mencoba untuk saling memahami dan menghargai program kerja masing-masing. Saya akan menyarankan agar mereka dapat terbuka untuk menerima saran dan masukan dari organisasi lain, dan mencari cara-cara untuk saling menunjang dan membantu satu sama lain dalam menjalankan program kerja tersebut.

2. Ketua RW mengadakan program pengaspalan jalan warga atas bantuan pencairan dana desa. Pengaspalan meliputi lima RT. Semua warga perwakilan RT datang bergotong-royong dan bekerja sama membersihkan jalanan yang akan diaspal. Jika kalian menjadi Ketua RW, bagaimana cara kalian menyelesaikan persoalan di atas? 
Jawaban :

Jika saya menjadi ketua RW, saya akan mencoba untuk bertemu dengan ketua RT yang tidak mengirimkan perwakilan warganya tersebut untuk mendengar pandangan dan keluhan yang dimilikinya. Jika memang terdapat kurang rapi pengaspalan di wilayah RT tersebut, saya akan mencoba untuk mencari tahu penyebabnya dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk memperbaikinya. Saya akan mencoba untuk menghargai setiap usaha dan partisipasi warga dalam proses pengaspalan jalan warga tersebut, dan mencari cara-cara untuk memperbaiki masalah yang terjadi.

3. Indonesia adalah negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia di bawah Kanada. Panjangnya mencapai 99.093 kilometer. Namun, faktanya Indonesia masih menjadi negara pengimpor garam. Menurut analisis kalian, apa faktor yang menyebabkan Indonesia masih menjadi negara pengimpor garam? Sebagai generasi muda, apa pemikiran yang kalian tawarkan untuk mengatasi gap antara produksi dan kebutuhan konsumsi garam?
Jawaban :

Dari analisis saya, beberapa faktor yang dapat menyebabkan Indonesia masih menjadi negara pengimpor garam adalah kurangnya infrastruktur penunjang produksi garam di Indonesia, seperti jalan raya yang memadai, pelabuhan-pelabuhan yang memadai, dan kapal-kapal penangkap garam yang memadai. Faktor lainnya adalah kurangnya kebijakan yang mengatur dan meningkatkan produksi garam di Indonesia, serta masih rendahnya kapasitas produksi garam di Indonesia dibandingkan dengan kebutuhan konsumsi garam di Indonesia.

Sebagai generasi muda, pemikiran saya untuk mengatasi gap antara produksi dan kebutuhan konsumsi garam di Indonesia adalah dengan meningkatkan infrastruktur penunjang produksi garam di Indonesia, seperti memperbaiki jalan raya yang memadai, memperbaiki pelabuhan-pelabuhan yang memadai, serta memperbanyak kapal-kapal penangkap garam yang memadai.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 96 Kurikulum Merdeka"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel