Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 118 Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Semester 2 Halaman 118 Kurikulum Merdeka Bab 5 Jati Diri Bangsa dan Budaya Nasional Hal 118 Uji Kompetensi Nomor 1 - 3 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 8 di semester 2 halaman 118.
kunci jawaban ppkn kelas 8 halaman 118 kurikulum merdeka www.kosingkat.id

Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 118 Kurikulum Merdeka

1. Pada sebuah sekolah terdapat beberapa kegiatan ekstrakurikuler. Secara umum ada seni tari dan seni bela diri. Tari Tango asal Argentina ternyata lebih menarik para siswi untuk mendaftar, sementara pendaftar Tari Saman asal Aceh relatif sepi pendaftar. Sementara, pada seni bela diri, ekstrakurikuler karate lebih digemari daripada pencak silat merpati putih. Bagaimana pendapat kalian terhadap fenomena di atas? Apa solusi yang kalian tawarkan agar budaya nasional lebih banyak diminati oleh siswa dan siswi di sekolah tersebut? 
Jawaban :

Pendapat saya, fenomena tersebut mungkin terjadi karena minat siswa dan siswi di sekolah tersebut terpengaruh oleh faktor-faktor seperti popularitas, kesenangan, dan kemudahan akses terhadap kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Mungkin juga terpengaruh oleh faktor-faktor lain seperti contoh yang ditunjukkan oleh teman-teman sebaya, atau iklan dan media yang mempromosikan kegiatan ekstrakurikuler tersebut.

Saya akan memiliki beberapa solusi yaitu:
- Menyediakan informasi yang lebih lengkap dan jelas 
- Menyediakan fasilitas yang memadai, nyaman dan instruktur yang kompeten.
- Menggalakkan partisipasi aktif siswa dan siswi dalam setiap kegiatan ekstrakurikuler

2. Ada seorang pelajar yang lolos program pertukaran budaya ke Korea Selatan. Pelajar ini memang sangat menggemari budaya Korea Selatan. Namun, pada sisi lain, ia kurang mengenali budaya nasional, bahkan budaya lokal asal daerahnya. Menurut kalian, bagaimana sebaiknya sikap pelajar ini? Apakah pelajar ini sebaiknya membatalkan program pertukaran budaya tersebut dan mengenali terlebih dahulu budaya nasional atau seperti apa? 
Jawaban :

Saya pikir, sebaiknya pelajar ini tidak perlu membatalkan program pertukaran budaya tersebut. Namun, ada sikap yang sebaiknya diambil oleh pelajar ini yaitu mempelajari dan mengenali budaya nasional dan budaya lokal asal daerahnya sebelum berangkat ke Korea Selatan. Selain memberikan wawasan yang lebih luas, hal ini juga akan membantu pelajar tersebut untuk lebih memahami dan menghargai budaya Korea Selatan saat di sana.

3. Banyak budaya nasional dan kearifan lokal yang terancam punah, seperti Gambang Semarangan, Terebang Gede, dan Nataki. Padahal, budaya nasional tersebut bisa jadi destinasi wisata menarik. Jika kalian menjadi menteri pariwisata, apa yang kalian rencanakan dan programkan untuk memajukan budaya nasional?
Jawaban :

Sebagai menteri pariwisata, saya akan mengusulkan beberapa program yaitu:
1. Mempromosikan budaya nasional dan kearifan lokal kepada wisatawan domestik maupun mancanegara, dengan mengikutsertakan budaya nasional dan kearifan lokal dalam paket wisata yang disediakan.
2. Menyediakan fasilitas yang memadai untuk pementasan budaya nasional dan kearifan lokal, seperti panggung terbuka dan tempat pertunjukan khusus.
3. Menggandeng organisasi-organisasi yang bergerak di bidang budaya, seperti kelompok musik, tari, dan seni tradisional, untuk mempromosikan budaya nasional dan kearifan lokal kepada wisatawan.
4. Mendorong masyarakat setempat untuk terlibat dalam pementasan budaya nasional dan kearifan lokal, seperti dengan cara memberi insentif kepada masyarakat yang berhasil menarik wisatawan ke destinasi tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 118 Kurikulum Merdeka"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel