Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 26, 27

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Semester 1 Halaman 26, 27 Bab 1 Pancasila. Hal 26, 27 Uji Pemahaman Nomor A - E Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 10 di semester 1 halaman 26, 27.
kunci jawaban ppkn kelas 10 halaman 26 www.kosingkat.id

Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 26, 27

a. Bagaimana pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap negara merdeka? Apa perbedaannya? 
Jawaban :

- Mohammad Yamin
Menurutnya, kemerdekaan Indonesia harus diwujudkan dengan adanya kebebasan politik, ekonomi, dan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

- Soepomo
Menurutnya, hukum merupakan salah satu faktor yang dapat membangun kemerdekaan Indonesia.

- Ir. Soekarno
Menurutnya, kemerdekaan Indonesia harus diwujudkan dengan adanya kebebasan politik, ekonomi, sosial, dan budaya bagi seluruh rakyat Indonesia.

Perbedaan pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap negara merdeka terletak pada Fokus kemerdekaan yang ditujukan. Mohammad Yamin lebih fokus pada kemerdekaan Indonesia dari segala bentuk penjajahan, sedangkan Soepomo lebih fokus pada kemerdekaan Indonesia dari segi hukum dan Ir. Soekarno lebih fokus pada kemerdekaan Indonesia dari segala aspek, termasuk kebebasan budaya

b. Menurut kalian, apa yang menjadi kesamaan pemikiran dari pendiri bangsa terhadap pengertian negara merdeka? 
Jawaban :

Menurut saya, pemikiran pendiri bangsa terhadap pengertian negara merdeka memiliki kesamaan yaitu:

- Negara merdeka adalah negara yang tidak tergantung pada negara lain dan memiliki kekuasaan yang sesuai dengan wilayahnya.
- Negara merdeka memiliki sistem pemerintahan yang demokratis dan berdasarkan hukum.
- Negara merdeka memiliki pembangunan yang seimbang dan merata di seluruh wilayahnya.
- Negara merdeka memiliki rakyat yang mandiri, berdaulat, dan memiliki martabat yang tinggi.

Tetapi perbedaannya antara ketiga tokoh tersebut bisa saja terjadi dalam hal implementasi atau pemahaman masing-masing dalam mencapai negara merdeka yang diinginkan.

c. Jelaskan makna dari negara merdeka menurut pandangan kalin sendiri? 
Jawaban :

Makna negara merdeka menurut pandangan saya adalah negara yang tidak ada pengaruh atau kontrol dari pihak luar, baik dalam hal politik, ekonomi, maupun militer. Negara merdeka memiliki kekuasaan penuh atas wilayahnya dan membuat kebijakan sesuai dengan kepentingan rakyat dan negaranya sendiri. Negara merdeka juga memiliki pemerintahan yang sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi, yang diwujudkan melalui pemilihan umum yang bebas dan adil.

d. Bagaimana memaknai proses perancangan dan isi dari rumusan dasar negara yang bernama Mukadimah Hukum Dasar atau yang juga dikenal Piagam Jakarta? 
Jawaban :

Proses perancangan Piagam Jakarta adalah proses yang dilakukan oleh para pemuka bangsa Indonesia pada masa penjajahan untuk merumuskan dasar negara yang merdeka. Dalam proses ini, para pemuka bangsa bekerja sama untuk menyusun teks yang menjadi dasar negara yang merdeka. Maka kita sebagai warga negara dalam memaknai proses perancangan tersebut adalah dengan menerapkan nilai-nilai hasil perwujudan rumusan piagam jakarta tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

e. Apa pandangan para pendiri bangsa terkait isi Mukadimah, terutama frase “Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”?
Jawaban :

Pandangan para pendiri bangsa tentang isi Mukadimah ini cukup kontroversial, karena beberapa diantara mereka menganggap bahwa frase tersebut mengutamakan posisi agama Islam di negara, sehingga dapat menimbulkan diskriminasi terhadap kelompok minoritas yang tidak beragama Islam.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Halaman 26, 27"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel