Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 121 - 125 Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Semester 1 Halaman 121 - 125 Kurikulum Merdeka Tema 2 Keberagaman Lingkungan Sekitar Hal 121 - 125 Evaluasi Nomor 1 - 10 PG dan 1 - 5 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ips bagi kelas 7 di semester 1 halaman 121 - 125.
kunci jawaban ips kelas 7 halaman 121 - 125 kurikulum merdeka www.kosingkat.id

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 121 - 125 Kurikulum Merdeka

A. Pilihan Ganda

1. D. Neozoikum
2. B. Kota-kota metropolitan mempunyai sumbangan yang besar terhadap pencemaran udara dibandingkan kota-kota kecil
3. A. 1 dan 2
4. D. Keterlibatan satu individu dengan individu atau kelompok dengan kelompok lain
5. A. Konflik
6. C. Mendegradasi zat pencemar
7. D. Mengumpulkan makanan
8. D. Leluhur bangsa Indonesia mempunyai identitas dan kebanggaan
9. D. Terbatas
10. B.  Memaksimalkan proses produksi

B. Esai

1. Bumi diciptakan dalam proses yang cukup lama hingga stabil dan mengalami proses penyempurnaan dengan berbagai fenomena alam di setiap pembagain zamannya dalam pembentukan bumi. Bagaimana ciri-ciri dari zaman Hidup Baru/Neozoikum? 
Jawaban :

Ciri-ciri pada zaman Neozoikum adalah berlangsung sekitar 60 juta tahun yang lalu, berkembangnya jenis binatang mamalia, dan sudah mulai muncul tanda-tanda kehidupan manusia.

2. Pekembangan manusia zaman Praaksara mengalami perkembangan dari masa ke masa di mana mereka dapat beradaptasi dengan kondisi alam yang selalu berubah. 
Jawaban :

Interaksi manusia pada masa bercocok tanam saling hidup bergotong-royong di perkampungan dengan memanfaatkan alam sebagai tempat untuk menghasilkan makanan.

3. Suatu bangsa berinteraksi dengan bangsa lainnya yang menghasilkan kebudayaan baru dari interaksi tersebut. 
Jawaban :

Faktor pendukung dari interaksi tersebut adalah setiap kelompok yang berbeda kebudayaan memiliki toleransi yang tinggi, memiliki kesempatan sama dibidang ekonomi, sikap saling terbuka dari golongan mayoritas, terdapatnya  persamaan dalam unsur budaya secara keseluruhan, sikap saling menghargai masing-masing budaya, terjadinya perkawinan antar kelompok, memiliki musuh bersama dari luar, sehinggaa mendorong masing-masing kelompok untuk terus bersatu. 

4. Salah satu teori asal muasal leluhur bangsa Indonesia menyebutkan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Taiwan yang disebut Out of Taiwan. 
Jawaban :

1. Tahap I mencapai Taiwan dari Tiongkok Selatan
2. Tahap II Migrasi dari Taiwan ke daerah Filipina
3. Tahap III migrasi dari Filipina ke arah Selatan dan Tenggara
4. Tahap IV migrasi dari Maluku Utara ke Selatan dan Timur;
5. Tahap V migrasi dari Papua Utara ke Barat dan Timur.

5. Sirip hiu mempunyai dampak ekonomi yang tinggi bagi nelayan karena dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi, tetapi perburuan hiu dapat menurunkan populasinya yang berdampak kepada kepunahan. 
Jawaban :

Perburuan Hiu dapat terus dilakukan oleh nelayan asal para nelayan tetap memperhatikan populasi Hiu. Nelayan dapat berburu Hiu menyesuaikan dengan waktu perkembangbiakan Hiu sehingga nelayan dapat tetap berburu Hiu tetapi juga dengan menjaga ekosistem yang ada di lautan.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 121 - 125 Kurikulum Merdeka"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel