Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 195 - 199 Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Semester 2 Halaman 195 - 199 Kurikulum Merdeka Tema 3 Potensi Ekonomi Lingkungan Hal 195 - 199 Evaluasi Nomor 1 - 10 PG dan 1 - 5 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ips bagi kelas 7 di semester 2 halaman 195 - 199.
kunci jawaban ips kelas 7 halaman 195 - 199 kurikulum merdeka www.kosingkat.id

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 195 - 199 Kurikulum Merdeka

A. Pilihan Ganda

1. C. Menghasilkan bahan baku untuk pembuatan produk dan jasa
2. E. Prospeksi
3. B. Peran sosial
4. D. (2), (4), dan (5)
5. A. Kasta, tidak dapat berpindah kelas
6. B. Seni pahat dan ukir
7. E. Mataram Kuno
8. E. 2, 3 dan 5
9. A. Selera
10. B. Distribusi

B. Esai

1. Potensi sumber daya alam yang dimanfaatkan secara terus menerus mengakibatkan perubahan bagi kelangsungan alam.Jelaskan faktor yang menyebabkan perubahan potensi sumber daya alam!  
Jawaban :

Faktor utama yang menyebabkan perubahan potensi sumber daya alam adalah semakin bertambahnya jumlah populasi manusia sehingga mengakibatkan bertambahnya pula kebutuhan hidup seperti pangan. Guna memenuhi kebutuhan tersebut manusia melakukan eksploitasi SDA yang berlebihan hingga mengabaikan pelestarian dan menyebabkan banyak kerusakan. Untuk meminimalisir dampak negatif dan tetap mempertahankan potensi SDA maka pemanfaatan SDA perlu memperhatikan kelestarian lingkungan.

2. Peradaban Islam mulai masuk ke Nusantara secara cepat dan menggantikan peradaban Hindu-Buddha.manakah yang paling memengaruhi penyebaran Islam? Jelaskan alasannya! 
Jawaban :

Yang paling memengaruhi penyebaran Islam adalah melalui Perdagangan, alasannya para pedagang yang menetap di sekitar pelabuhan berdagang sambil menyebarkan agama Islam hingga terbentuk perkampungan-perkampungan muslim. 

3. Tujuan produksi secara umum adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Produksi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Jelaskan faktor yang memengaruhi produksi! 
Jawaban :

a) Faktor Alam
Keperluan bahan baku sangat penting dalam proses produksi, maka ketersediannya di alam menjadi kunci keberlangsungannya pemenuhan kebutuhan masyarakat.

b) Faktor Tenaga Kerja
Dalam pembuatan produk atau jasa diperlukannya tenaga kerja untuk menghasilkan produk atau jasa tersebut. Tenaga kerja menjalankan kegiatan produksi secara langsung maupun tidak langsung dan bertidak sebagai operator mesin produksi.

c) Faktor Modal
Modal adalah salah satu faktor penting yang tidak boleh dilupakan, pemenuhan kebutuhan produksi seperti alat, bahan baku, mesin, dan gedung merupakan modal awal kegiatan produksi. Modal juga guna memperlancar dan memaksimalkan proses kegiatan produksi.

d) Faktor Kewirausahaan
Merupakan sebuah keahlian yang wajib dimiliki bagi pemilik produksi karena berfunsgi untuk mengontrol berjalannya proses produksi agar menghasilkan hasil yang maksimal.

4. Status sosial seseorang dalam masyarakat dapat berubah selama hidupnya. Sebutkan 3 jenis status sosial dalam masyarakat! 
Jawaban :

- Assigned status
- Achieved Status
- Ascribed Status

5. Konflik peran seringkali terjadi di sekitar kita. Buatlah dua contoh konflik peran yang mungkin dapat terjadi disekitar kalian!
Jawaban :

- Sesorang yang menjadi Guru dan sekaligus juga menjadi seorang Ibu.
- Sesorang yang menjadi Siswa, menjadi Teman, dan sekaligus menjadi Anak.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 195 - 199 Kurikulum Merdeka"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel