Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 227 Ayo Kita Menalar

a. Perhatikan strategi yang digunakan Lisa untuk menentukan harga tiaptiap jenis lilin. Jelaskan strategi yang digunakan Lisa untuk menentukan harga sebuah lilin ungu dan sebuah lilin putih. 
Jawaban :

Strategi yang digunakan Lisa adalah dengan menggunakan eliminasi. Lisa memisalkan harga sebuah lilin ungu adalah x dan harga sebuah lilin putih adalah y. Sistem persamaan linear dua variabel yang terbentuk adalah 3x + 2y = 35.300 dan 2x + 2y = 16.200. Selanjutnya, Lisa membagi persamaan kedua dengan 2 sehingga diperoleh persamaan x + y = 8.100. Setelah itu, persamaan tersebut dikalikan 3 sehingga diperoleh 3x + 3y = 24.300. Kemudian, Lisa mengeliminasi variabel x sehingga diperoleh 2x = 11.000 dan x = 5.500. Terakhir, Lisa bisa menentukan nilai y = 2.600.

b. Kapan kalian harus mengalikan persamaan dengan konstanta untuk menyelesaikan sistem persamaan linear dengan menggunakan eliminasi? Jelaskan. 
Jawaban :

Mengalikan persamaan dengan suatu konstanta apabila setiap variabel pada kedua persamaan memiliki koefisien yang berbeda.

c. Mengapa dengan mengalikan persamaan dengan konstanta tidak mengubah selesaian dari sistem persamaan? Jelaskan alasan kalian. 
Jawaban :

Karena mengalikan persamaan dalam metode eliminasi ini hanya menyamakan koefisien pada salah satu variabel kedua persamaan sehingga keduanya dapat dieliminasi. Oleh karena itu, mengalikan persamaan dengan suatu konstanta tidak mengubah selesaian.

d. Selesaian dari suatu sistem persamaan linear dua variabel adalah (2, −4). Salah satu persamaan dalam sistem persamaan adalah 2x + y = 0. Jelaskan bagaimana cara kalian untuk menentukan persamaan kedua untuk sistem persamaan linear tersebut. Kemudian, tentukan persamaan kedua. Selanjutnya, selesaikan sistem persamaan yang telah kalian temukan dengan metode eliminasi untuk menguji kebenaran jawaban kalian. 
Jawaban :
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 227 www.kosingkat.id
Jadi, benar bahwa (2, −4) adalah selesaian dari Sistem persamaan linear dua variabel 2x + y = 0 dan x + y = −2.

e. Kalian menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan x menyatakan banyaknya tiket dewasa yang terjual dan y menyatakan banyaknya tiket anak-anak yang terjual. Dapatkah (−6, 24) menjadi selesaian dari sistem persamaan linear dua variabel? Jelaskan alasan kalian.
Jawaban :

Selesaian (−6, 24) tidak mungkin menjadi selesaian dari Sistem persamaan linear dua variabel yang dimaksud pada situasi di atas. Nilai x = −6 tidak mungkin menyatakan banyak tiket dewasa yang terjual. Hal ini dikarenakan bahwa banyak tiket tidak bisa dinyatakan dengan bilangan negatif.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 227 Ayo Kita Menalar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel