Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 218, 219 Ayo Kita Menalar

a. Ketika kalian menentukan selesaian Sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan metode substitusi, bagaimana kalian bisa menentukan variabel mana yang kalian pilih untuk langkah pertama dari metode ini? 
Jawaban :

Untuk langkah pertama, kita bisa memilih sebarang variabel yang disubstitusikan ke persamaan kedua. Namun, untuk lebih mudah dalam mengoperasikan aljabar, kita bisa memilih variabel dengan koefisien 1.

b. Persamaan yang bagaimana yang menurut kalian lebih mudah menggunakan metode substitusi? Jelaskan alasan kalian. 
Jawaban :

Sistem persamaan linear dua variabel yang salah satu persamaannya sudah berbentuk y = ax + b atau x = ay + b. Sehingga kita bisa langsung mensubstitusikan ke dalam persamaan kedua.

c. Apakah penyelesaian Sistem persamaan linear dua variabel menggunakan grafik memberikan selesaian yang sama dengan metode substitusi? Jelaskan alasan kalian. 
Jawaban :

Iya. Penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan grafik dan metode substitusi memberikan selesaian yang sama. Penyelesaian dengan menggunakan metode substitusi bekerja dalam pengoperasian aljabar sehingga memberikan nilai variabel yang memenuhi kedua persamaan. Sedangkan grafik memberikan titik yang sama-sama dilalui oleh dua garis yang menyatakan dua persamaan dalam Sistem persamaan linear dua variabel.

d. Musofa menyelesaikan Sistem persamaan linear dua variabel 2x + y = 5 dan 3x - 2y = 4. Jelaskan kesalahan yang dilakukan Musofa, kemudian bantu dia dengan memperbaiki langkah-langkah penyelesaian Sistem persamaan linear dua variabel.
Jawaban :

Musofa melakukan kesalahan pada langkah kedua. Musofa mensubstitusikan variabel y ke persamaan pertama. Seharusnya, Musofa mensubstitusikan variabel y pada langkah pertama ke persamaan kedua. Sehingga persamaan yang diperoleh seperti berikut.
kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 218, 219 www.kosingkat.id

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 218, 219 Ayo Kita Menalar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel