Kunci Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 172, 173 Uji Kompetensi 5

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Semester 2 Halaman 172, 173 Bab 5 Mewaspadai Ancaman Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia Uji Kompetensi 5 Hal 172, 173 Nomor 1 - 5 Essai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 11 di semester 2 halaman 172, 173. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban ini adik-adik kelas 11 dapat menyelesaikan tugas Mewaspadai Ancaman Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia Kelas 11 Halaman 172, 173 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Semester 2.
kunci jawaban pkn kelas 11 halaman 172, 173 uji kompetensi 5

Kunci Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 172, 173 Uji Kompetensi 5

1. Jelaskan posisi silang Indonesia, baik dari aspek kewilayahan maupun aspek kehidupan sosial! 
Jawaban :

Aspek Kewilayahan
, negara Indonesia berada di tengah-tengah dunia dan di lewati oleh garis khatulistiwa. Selain itu, Indonesia juga diapit oleh dua benua dan dua samudera yaitu benua Asia dan benua Australia serta samudera Hindia dan samudera Pasifik. Hal ini menunjukan bahwa dari aspek kewilayahan Indonesia berada pada posisi silang yang sangat strategis.

Aspek Sosial, penduduk Indonesia berada di antara daerah berpenduduk padat di utara dan daerah berpenduduk jarang di selatan. Selain itu, Pancasila sebagai Ideologi Indonesia terletak antara komunisme di utara dan liberalisme di selatan.

2. Mengapa posisi silang Indonesia bukan hanya merupakan potensi yang harus disyukuri, tetapi juga merupakan tantangan sekaligus ancaman bagi integrasi nasional?
Jawaban :

Posisi silang Indonesia merupakan potensi yang harus disyukuri karena akan memperkukuh keberadaan Indonesia sebagai negara yang  memiliki peran penting dalam menunjang kemajuan serta terciptanya perdamaian dunia. Akan tetapi, posisi silang ini juga menjadikan Indonesia sebagai negara yang tidak terbebas dari ancaman yang dapat memecah belah bangsa.

3. Jelaskan ancaman di bidang pertahanan dan keamanan yang paling mengancam integrasi nasional bangsa Indonesia pada saat ini? 
Jawaban :

Ancaman yang paling mengancam integrasi nasional bangsa Indonesia pada saat ini adalah Ancaman Militer. Ancama ini dinilai membahayakan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah Indonesia. Ancaman Militer dapat berupa agresi, pelanggaran wilayah, sabotase, serta ancaman keamaan laut dan udara.

4. Mengapa ideologi Pancasila tidak dapat dikatakan aman dari berbagai macam ancaman dalam pengimplementasian nilai-nilainya di masyarakat! 
Jawaban :

Karena saat ini kehidupan masyarakat Indonesia cenderung mengarah pada kehidupan ideologi liberal yang menekankan pada aspek kebebasan individual. Hal ini disebabkan akibat era globalisasi yang mempengaruhi pikiran masyarakat untuk tertarik pada ideologi tersebut.

5.Apa yang akan kamu lakukan apabila terjadi tawuran? Kemukan pula perasaanmu sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi di sekolah atau kampungmu?
Jawaban :

Apabila terjadi tawuran saya akan memanggil pihak berwajib untuk mengamankan dan menyelesaikan permasalahan tersebut. Perasaan saya sangat memprihatinkan karena tawuran dapat memecah belah persatuan dan kesatuan.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 172, 173 Uji Kompetensi 5"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel