Kunci Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 143 Uji Kompetensi 4

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Semester 2 Halaman 143 Bab 4 Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia Uji Kompetensi 4 Hal 143 Nomor 1 - 5 Essai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ppkn bagi kelas 11 di semester 2 halaman 143. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban ini adik-adik kelas 11 dapat menyelesaikan tugas Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia Kelas 11 Halaman 143 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Semester 2.
kunci jawaban pkn kelas 11 halaman 143 uji kompetensi 4

Kunci Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 143 Uji Kompetensi 4

1. Jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara. 
Jawaban :

Perdamaian dunia memiliki arti penting bagi suatu negara karena tanpa adanya perdamaian dunia, suatu bangsa tidak akan dapat melaksanakan pembangungan dan mewujudkan tujuannya.

2. Bagaimana keterlibatan bangsa Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia? 
Jawaban :

Keterlibatan bangsa Indonesia dilakukan melalui kerja sama hubungan internasional maupun organisasi internasional. Sebagai buktinya, Indonesia berperan dalam organisasi Perserikatan Bangsa - Bangsa, ASEAN, Gerakan Non-Blok dan sebagainya.

3. Mengapa bangsa Indonesia harus terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia? 
Jawaban :

Karena mewujudkan perdamaian dunia merupakan salah satu tujuan nasional Indonesia sebagaimana tercantum dalam alinea ke-4 Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu "ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial".

4. Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan suatu negara mengadakan hubungan internasional. 
Jawaban :

a) Faktor Internal
, adanya kekhawatiran terancam dari kudeta maupun intervensi dari negara lain.
b) Faktor Eksternal, dipengaruhi oleh kondisi alam sehingga memerlukan kerja sama dengan negara lain dalam memecahkan masalah-masalah ekonomi, politik, hukum, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan.

5. Deskripsikan berbagai bentuk kerja sama yang dilakukan Indonesia dengan negara lain.
Jawaban :

Kerja sama Bilateral, adalah kerja sama yang melibatkan hanya 2 negara saja. Sebagai contoh, kerja sama Indonesia dengan Thailand dalam bidang pengembangan pertanian dan produksi pertanian.

Kerja sama Regional, adalah kerja sama yang melibatkan antar negara yang berada di suatu wilayah. Sebagai contoh, Indonesia menjadi salah satu pendiri ASEAN.

Kerja sama Multilateral, adalah kerja sama yang melibatkan beberapa negara tanpa dibatasi kawasan dan wilayah. Sebagai contoh Indonesia aktif dalam PBB, OKI, APEC, GNB, OPEC dll.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 143 Uji Kompetensi 4"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel