6 Manfaat menggunakan Layanan Hosting

Dalam dunia blogging, menggunakan Hosting merupakan salah satu bagian dari SEO (Search Engine Optimization). Alasan utamanya adalah dengan menggunakan hosting, kita dapat meningkatkan kecepatan load pada website milik kita. Hal ini lah yang menjadi cikal bakal banyak perusahaan penyedia jasa layanan hosting yang berkembang di Indonesia.

Dengan banyaknya penyedia jasa layanan hosting tentunya kita harus memilih dengan bijak siapa penyedia layanan hosting yang tepat untuk website kita, karena hosting berperan sangat penting dalam pengelolaan kecepatan dan kualitas server. Sehingga kita tidak boleh asal memilih penyedia jasa layanan hosting. Selain itu kita juga harus menyesuaikan hosting yang akan kita gunakan sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing .

Sebenarnya banyak manfaat dari menggunakan layanan hosting web, tidak hanya 6 saja tetapi lebih dari itu. Namun pada artikel ini cukup 5 saja yang paling utama dari manfaat menggunakan hosting.

6 Manfaat Hosting

gambar hosting source:pixabay

1. Menjaga Website Tetap Online 24 Jam

Meskipun kita mematikan modem atau koneksi internet serta laptop kita, orang lain tetap dapat mengakses situs milik kita jika kita menggunakan layanan hosting. Hal ini dikarenakan para pengunjung situs milik kita tidak mengakses komputer kita, melainkan mengakses komputer yang disediakan oleh penyedia jasa layanan hosting. Selama penyedia jasa layanan hosting kita tetap mengontrol dan melakukan pemeliharaan server dengan baik, kita tidak perlu khawatir dengan website kita meskipun sedang offline. 

2. Penyimpanan Data

Hosting dapat kita ibaratkan sebuah rumah, kita sebagai pemilik rumah dapat dengan bebas mengakses rumah serta bebas menyimpan benda atau data apapun di rumah milik kita. Sehingga data-data yang ada pada situs kita dapat kita simpan dihosting. Selain itu data-data milik kitapun dapat dengan mudah kita akses menggunakan jaringan internet.

3. Hemat Uang

Dengan menggunakan layanan hosting hal ini dapat membantu mengurangi pengeluaran uang kita dari pembelian media penyimpanan yang besar dan mahal ataupun biaya perawatan komputer kita. Penyedia layanan hosting tentu akan menyediakan penyimpanan sendiri untuk menyimpan data-data kita.

4. Alamat IP Statis

Jika kita memasang hosting di website milik kita, kita akan mendapatkan IP Address khusus yang hanya dimiliki oleh website kita. Website kita akan mendapatkan sebuah IP Address yang sifatnya statis (tidak berubah-ubah). Hal ini akan berdampak sangat baik terhadap website milik kita, karena dengan adanya IP Address statis akan memudahkan website kita untuk ditemukan oleh orang lain.

5. Praktis

Memasang hosting juga tidak terlalu buruk, malahan berdampak sangat positif dari segi teknisnya. Jika kita tidak menggunakan hosting maka segala urusan penyimpanan, koneksi internet, listrik merupakan tanggungan kita untuk menjaga website tetap online. Dengan adanya hosting segala penyimpanan website kita akan dikelola oleh orang yang professional dipenyedia layanan hosting. Sehingga kita tidak perlu repot-repot jika sewaktu-waktu komputer milik kita rusak atau data-data kita hilang. Penyedia jasa layanan hosting sudah membackup data-data milik kita, jadi kita tidak perlu khawatir.

6. Penskalaan Otomatis

Pernahkah anda melihat sebuah web yang tidak dapat dikunjungi, meskipun sudah menulis alamat web dengan benar ? Jika ya, terdapat beberapa alasan penyebab web tersebut tidak dapat dikunjungi salah satu kemungkinannya disebabkan oleh melonjaknya traffic. Jika anda seorang pelajar atau seseorang yang akan mendaftar CPNS pasti anda pernah mengalami tidak dapat mengakses website pengumuman CPNS maupun website pengumuman SNMPTN. Hal ini terjadi karena website tersebut diakses oleh ribuan bahkan hingga ratusan ribu orang dalam waktu yang bersamaan, sehingga menyebabkan banyak request yg dikirimkan ke server. Ketika server sudah tidak mampu menerima request maka website tersbut akan down dan tidak dapat diakses.

Cara mengatasi hal ini tentu saja dengan memasang hosting. Jika website kita mengalami down, penyedia jasa layanan hosting akan memantau server yang mengalami kelemahan ini dan akan memberikan bandwith yang lebih besar kepada situs tersebut.

Kesimpulan Menggunakan Hosting

Menggunakan hosting adalah hal terbaik untuk website kita terutama untuk website perusahaan ataupun website-website yang memiliki jumlah traffic yang tinggi. Untuk itu kita perlu memilih juga penyedia layanan hosting yang tepat. Penyedia layanan Hosting Terbaik di Indonesia adalah Qwords. Qwords sudah ada sejak tahun 2005 yang didirikan oleh Rendy Maulana ketika sedang menempuh pendidikan di ITB. Saat ini Qwords juga sudah dipercaya lebih dari 45.000 lebih pengguna aktif, sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Jika anda berminat membeli hosting di Qwords anda dapat mengunjungi website resmi Qwords yaitu Qwords.com

0 Response to "6 Manfaat menggunakan Layanan Hosting"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel