Cara memperkecil ukuran gambar HD Hingga 98%

Saat ini banyak situs yang membatasi ukuran gambar yang dapat diupload ke website miliknya. Salah satu situs yang menerapkan hal ini adalah situs pendaftaran CPNS. Alasannya adalah untuk menghemat ruang penyimpanan yang ada di database. Selain itu, memperkecil gambar juga membantu meningkatkan kecepatan website. Kecepatan website sangat berpengaruh untuk situs yang banyak diakses oleh ribuan hingga ratusan ribu orang dalam waktu yang sama. Hal ini untuk mengantisipasi agar website tidak down saat diakses bersamaan.

Untuk memperkecil ukuran gambar cara yang paling sering kita jumpai adalah mengubah resolusi gambar tersebut. Akan tetapi dengan mengubah resolusi suatu gambar maka kualitas gambar tersebut akan menjadi menurun dan tentu gambarnya akan menjadi kelihatan burik. Tetapi tidak perlu khawatir ada alternatif lain untuk memperkecil ukuran gambar namun tidak menurunkan kualitas suatu gambar. Caranya dengan menggunakan aplikasi atau web yang dapat mengkompres ukuran gambar.

Ada banyak sekali web ataupun aplikasi yang dapat anda gunakan untuk memperkecil ukuran gambar. Namun kali ini saya akan membagikan cara memperkecil ukuran gambar hingga 98% dengan aplikasi yang bernama FileMinimizer Pictures. Aplikasi ini dibuat oleh perusahan software asal swiss yang bernama Balesio Software AG. Perusahan Balesio sudah banyak merilis aplikasi-aplikasi pemerkecil file dan juga aplikasi-aplikasi tersebut telah didownload banyak orang. Sehingga tidak perlu diragukan lagi keahlian dari aplikasi FileMinimizer Pictures yang satu ini. Untuk itu langsung saja simak langkah-langkah memperkecil ukuran gambar berikut ini.

Langkah - Langkah Memperkecil Ukuran Gambar HD

1. Download software FileMinimizer Pictures melalui situs resmi Balesio yaitu balesio.com

2. Selanjutnya install aplikasi tersebut hingga selesai. Cara menginstallnya tinggal klik next terus lalu finish.

3. Sediakan beberapa gambar yang ingin diperkecil lalu buka aplikasi FileMinimizer Pictures dan klik Open Files (Pilih salah satu yang dilingkari merah).  

Cara memperkecil ukuran gambar HD Hingga 98%

4. Klik "Add to List" jika ingin menambahkan beberapa gambar lagi. Atau klik pada gambar lalu klik "Remove from List" jika ingin menghapus gambar dari daftar.

5. Untuk memperkecul ukuran gambar klik "Optimize Files"

cara resize gambar hd

6. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi mengkompres ukuran gambar. Selanjutnya akan muncul ukuran gambar yang lama dan yang baru. 

cara kompres gambar

7. Untuk mengakses letak gambar, gambar dapat ditemukan difolder yang sama pada gambar awal dan nama gambar akan diberi akhiran "[FILEminimizer]".

Dari hasil resize gambar menggunakan FileMinimizer Pictures, gambar saya berhasil dikompres hingga 92,2% untuk beberapa kasus gambar dapat dikompress hingga 98%. Yang sebelumnya berukuran 1.65mb menjadi hanya 0.13mb atau sekitar 130kb. Sehingga hal ini membuktikan bahwa aplikasi ini memang benar-benar berhasil. Perhatikan 2 gambar berikut ! Lihat tidak ada perbedaan wkwkwkkw.

hasil kompres gambar dengan fileminimizer pictures


0 Response to "Cara memperkecil ukuran gambar HD Hingga 98%"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel