Apa itu Sate Taichan ? "Sate tetapi tanpa bumbu kacang"

Pernahkah kamu mendengar kata Taichan atau sate Taichan ? Jika kamu penikmat kuliner pasti kamu tahu dengan sate yang satu ini. Untuk kamu yang belum tahu dengan sate Taichan jangan khawatir kita akan membahas apa itu sate Taichan dan bagaimana asal usul sate Taichan.

Apa itu sate Taichan ? Sate Taichan adalah sate ayam yang dibuat tanpa menggunakan bumbu kacang. Pengganti bumbu kacang pada sate taichan hanyalah perasan jeruk nipis dan garam. Sate taichan juga dibakar tanpa menggunakan kecap sehingga membuat penampilan sate taichan terlihat pucat.

apa itu sate taichan

Dibalik warnanya yang pucat dan bumbunya yang sederhana, sate taichan memiliki rasa yang tak kalah nikmat dibanding sate lainnya yang menggunakan bumbu kacang. Sate taichan menghadirkan rasa sate baru yang gurih bercampur asam serta pedasnya sambal pendamping sate taichan.

Asal usul sate Taichan dan awal perkembangan di Indonesia

Mendengar kata Taichan pasti kita langsung berpikiran bahwa penemu atau asal usul sate ini berasal dari china, tetapi hal tersebut tidaklah benar. Kisah asal usul sate Taichan berawal dari pedagang sate Madura bernama pak Amir yang berjualan di daerah Senayan, Jakarta.

Kejadian terjadi Pada tahun 2012 ketika pak Amir sedang menjual sate madura dengan bumbu kacang di warung sate miliknya. Saat itu ada sepasang kekasih, yang wanita berasal dari Indonesia sedangkan yang pria berasal dari Jepang. Mereka sedang membeli sate di warung sate milik pak Amir.

Kala itu sang lelaki yang berasal dari Jepang tersebut mengaku tidak suka dengan sate bumbu kacang milik pak Amir yang sangat khas dengan bumbu madura. Karena lidah orang Jepang dan orang Indonesia berbeda akhirnya si orang Jepang tersebut berinisiatif untuk membuat satenya sendiri. Ia akhirnya membakar sate ayam yang tidak dia olesi dengan kecap diatas arang.

Sate tersebut dibakar hanya dengan ditaburi garam dan perasan jeruk nipis diatasnya. Setelah satenya dibakar dengan matang, orang Jepang tersebut kemudian meminta sambal kepada pak Amir. Sambil memberikan sambal, pak Amir bertanya kepada orang Jepang tersebut "sate apa yang kamu buat ?", kemudian orang Jepang tersebut menjawab "sate taichan", ia menjawab tanpa memberikan alasan yang jelas dibalik nama taichan pada sate tersebut.

Hingga saat ini pun, masih belum dapat dipastikan apa makna Taichan pada sate Taichan. Yang jelas sate Taichan sangat terkenal pada tahun 2017, dan rasa sate Taichan sendiri memang sangat enak dan segar.

Sate Taichan sendiri sudah tersebar ke berbagai daerah di Indonesa, dan juga sudah memiliki banyak varian atau jenis baru yang disesuaikan dengan ciri khas daerah - daerah di Indonesia. Salah satu varian yang tak kalah enak dari sate Taichan yang dibakar adalah sate Taichan goreng.

Sate Taichan goreng menghadirkan rasa gurih dan renyah dari kulit luar sate yang digoreng hingga krispi. Namun tetap mempertahankan kesegaran dari perasan jeruk nipis serta gurih taburan garam. Cara membuat sate Taichan goreng tidak jauh beda dengan sate Taichan bakar. Hanya terletak pada proses memasaknya, digoreng atau dibakar.

Perbedaan sate Taichan dengan sate Biasa

  1. Sate Taichan tidak menggunakan bumbu kacang
  2. Sate Taichan tidak diolesi kecap saat dibakar dan hanya di taburi garam dan di beri perasan jeruk nipis
  3. Sate Taichan terlihat agak pucat
  4. Sate Taichan tidak hanya dibakar namun ada varian sate Taichan yang digoreng
  5. Pada umumnya menggunakan daging ayam
  6. Ciri utama sate Taichan adalah sambal pedas, berbeda dengan sate biasa yang terletak pada bumbu kacangnya

Jika kamu penasaran atau tergiur untuk menikmati sate Taichan, kamu dapat membuatnya sendiri dirumah dengan bumbu yang mudah ditemukan didapur. Untuk membuat sate Taichan dapat membaca artikel resep sate taichan

0 Response to "Apa itu Sate Taichan ? "Sate tetapi tanpa bumbu kacang" "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel