Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 157, 158

Mari Uji Kemampuan Kalian
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 157, 158

Mengingat dan Memahami 
1. Apa perbedaan antara bioteknologi konvensional dengan bioteknologi modern? 
Jawaban :

a) Bioteknologi konvensional
menggunakan prinsip fermentasi dan banyak digunakan dalam proses pembuatan makanan/ minuman serta antibiotik. Peralatan dan metode yang digunakan dalam prosesnya sederhana serta tidak memerlukan sterilitas yang tinggi.

b) Bioteknologi modern ditandai dengan adanya rekayasa. Bioteknologi modern berkembang sejak ditemukannya struktur DNA, adanya rekayasa genetika/ sel, membutuhkan peralatan modern, dan dilakukan dalam keadaan steril.

2. Tulislah enam produk fermentasi dan mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan produk tersebut! 
Jawaban :

- Tempe = Rhizopus sp
- Kecap = Aspergillus wentii
- Yoghurt = Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus
- Nata de coco = Acetobacter xylinum
- Keju = Penicillium camemberti
- Oncom = Neurospora crassa
- Cuka = Acetobacter aceti

Mengaplikasikan 
3. Kloning (transfer inti) dilakukan dengan cara memindahkan sel inti somatik (inti sel tubuh) ke dalam ovum yang sudah dihilangkan intinya. Sel ini kemudian distimulasi sehingga membelah dan membentuk emrio. Embrio yang terbentuk kemudian dimasukkan ke dalam rahim hewan yang sejenis. Mengapa proses kloning tidak diperkenankan dilakukan pada manusia? Jelaskan argumentasi kalian! 
Jawaban :

Kloning pada manusia tidak diperkenankan karena terkait bioetika. Jika ini dilakukan banyak pertentangan terutama dari norma agama karena menghasilkan keturunan tanpa adanya perkawinan yang dapat menimbulkan permasalahan kedepannya.

Menalar
4. Pada saat melakukan teknik DNA rekombinan, peneliti menggunakan plasmid yang sudah disisipi gen resisten antibiotik. Setelah terjadinya ligasi antara gen target dengan plasmid maka plasmid rekombinan ditranformasi ke dalam bakteri. Bakteri tersebut kemudian ditumbuhkan pada media yang mengandung antibiotik. Apa akibatnya jika dalam tahapan teknik DNA rekombinan tidak disisipkan gen resisten antibiotik?
Jawaban :

Tujuan disisipkannya gen resisten antibiotik adalah untuk menyeleksi bakteri yang sudah mengandung plasmid rekombinan. Ketika plasmid rekombinan ditransformasi ke dalam bakteri maka untuk mengeceknya adalah dengan membiakkannya di dalam media yang mengandung antibiotik. Bakteri yang mengandung plasmid rekombinan akan hidup sedangkan yang tidak ada plasmid rekombinannya akan mati. Jadi, peneliti akan sulit mendeteksi bakteri yang mengandung plasmid rekombinan jika gen resisten antibiotik tidak ada.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 157, 158"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel