Kunci Jawaban Informatika Kelas 9 Halaman 29

Aktivitas BK-K9-01-U: Pengantar Paket 
Hara ialah kurir pengantar paket yang sedang berada di sebuah kompleks perumahan. Kompleks tersebut terdiri atas sembilan rumah yang tersusun secara melingkar, dinomori dari A s.d. J. Waktu yang diperlukan untuk berpindah dari satu rumah ke rumah lainnya ialah 10 menit. 

Saat ini, Hara sedang berada di rumah H. Hara dapat berjalan searah jarum jam, maupun sebaliknya. Setelah selesai mengantarkan sebuah paket, Hara pun dapat memilih ke arah mana dia akan berjalan. Hara mencatat waktu yang diperlukan untuk mengantar setiap paket. 

Tantangan: 
Jika Hara mulai mengantar paket dari rumah H dan berakhir di rumah F, serta mencatat waktu perjalanan yang ditempuh ialah 20, 10, 20, dan 40 menit, tiga rumah mana sajakah yang dikunjungi Hara sebelum tiba di rumah F? Tuliskan langkah-langkah yang kalian gunakan untuk mendapatkan jawaban tersebut!
Jawaban : Tiga rumah yang dikunjungi Hara yaitu A, B, dan J.

Dari setiap rumah, Hara dapat memilih untuk bergerak ke arah yang sesuai dengan arah putaran jarum jam atau berlawanan dengan arah perputaran jarum jam.

Berdasarkan catatan waktu, pertama kali Hara berjalan selama 20 menit. Dengan demikian, peluangnya adalah Hara bergerak menuju rumah A (searah jarum jam) atau rumah F (berlawanan arah jarum jam). Dari rumah A atau F, Hara berjalan selama 10 menit. Jika Hara berada di rumah A, Hara dapat mengunjungi rumah J atau B. Jika berada di rumah F, Hara dapat mengunjungi rumah G atau E. Dengan mengacu ke catatan Hara bahwa waktu tempuhnya ialah 20, 10, 20, dan 40 menit, rangkaian perjalanan Hara dapat digambarkan sebagai berikut.

Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 Halaman 29

Gambar 2.2 adalah jalur yang dapat ditempuh oleh Hara jika memilih rumah awal adalah rumah A. Gambar 2.3 adalah jalur yang dapat ditempuh oleh Hara jika memilih rumah awal adalah rumah F. Berdasarkan Gambar 2.2 dan Gambar 2.3, dapat dilihat bahwa Hara dapat mencapai rumah F sebagai rumah ke-4 yang dikunjungi hanya jika Hara memilih jalur yang diberi warna merah pada Gambar 2.2, yaitu melalui rumah A, J, dan B.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Informatika Kelas 9 Halaman 29"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel