Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 64

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 1 Halaman 64 Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup Hal 64 Mari Uji Kemampuan Kalian Nomor 1 - 5 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ipa bagi kelas 8 di semester 1 halaman 64. 
kunci jawaban ipa kelas 8 halaman 64

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 64

Mengklasifikasikan 
1. Di manakah letak ventrikel pada gambar di bawah ini? Bagian manakah yang berisi darah yang miskin oksigen pada saat darah memasuki jantung? 
Jawaban :

Letak ventrikel adalah B dan D, bagian yang miskin oksigen pada saat darah memasuki jantung adalah bagian A

Memprediksikan
2. Beberapa bayi lahir dalam keadaan jantung yang berlubang pada bagian kiri dan kanan atriumnya. Apakah kondisi jantung seperti ini mempengaruhi kemampuan sistem peredaran darah mereka dalam mengantarkan oksigen ke sel tubuh mereka? Jelaskan! 
Jawaban :

Darah yang kurang mengandung oksigen yang berasal dari atrium kanan dapat mengalir ke atrium kiri dan tidak sampai ke paru-paru, sehingga membuat adanya campuran antara darah yang kaya dan darah yang kurang oksigen. Untuk menyelamatkan bayi tersebut, harus dilakukan operasi untuk menutup lubang agar darah dapat mengalir ke paru-paru dan mendapatkan oksigen yang cukup.

Membandingkan 
3. Buatlah suatu paragraf yang membandingkan sistem peredaran darah manusia dengan sistem transportasi/angkutan di jalan raya. Jelaskan persamaan dan per bedaan keduanya. 
Jawaban :

Persamaan kedua sistem yaitu mengalirkan suatu substansi atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Dalam sistem peredaran darah, substansi yang dikirimkan adalah darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh, sementara dalam sistem transportasi/angkutan, barang yang dikirimkan adalah bahan-bahan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Namun, ada beberapa perbedaan antara kedua sistem. Dalam sistem peredaran darah, darah dipompa oleh jantung dan diteruskan melalui pembuluh darah ke seluruh bagian tubuh. Sementara dalam sistem transportasi/angkutan, barang-barang dikirimkan dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan seperti truk, mobil, bus, atau kereta.

Menjelaskan 
4. Beri dua alasan mengapa pilihan makanan sangat berpengaruh terhadap kesehatan sistem peredaran darah manusia! 
Jawaban :

Pengaruh makanan sangat besar pada kesehatan sistem peredaran darah manusia, karena konsumsi makanan yang tinggi lemak dan kolesterol dapat menyebabkan terjadinya aterosklerosis. Sementara itu, makan yang kaya garam dapat memicu terjadinya hipertensi.

5. Mengapa orang yang tidak cukup zat besi dalam makanannya mengalami kondisi yang disebut anemia, yaitu ketika darah tidak bisa mengangkut oksigen secara maksimal?
Jawaban :

Zat besi adalah mineral yang diperlukan untuk memproduksi hemoglobin, komponen penting yang berfungsi untuk mengikat oksigen. Jika hemoglobin tidak dapat terbentuk, maka kadar oksigen dalam darah akan menurun.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 64"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel