Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 99 Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Semester 1 Halaman 99 Kurikulum Merdeka Bab 3 Suhu, Kalor dan Pemuaian Hal 99 Mari Uji Kemampuan Kalian Nomor 1 - 2 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ipa bagi kelas 7 di semester 1 halaman 99.
kunci jawaban ipa kelas 7 halaman 99 kurikulum merdeka www.kosingkat.id

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 99 Kurikulum Merdeka

1. Air akan lebih cepat mendidih jika panci yang digunakan untuk memasak air tersebut dalam keadaan tertutup. Jelaskanlah menurut pemahaman kalian, mengapa air akan lebih cepat mendidih jika panci yang digunakan untuk memasak air tersebut dalam keadaan tertutup. 
Jawaban :

Panci yang tertutup saat memasak air berguna untuk mengurung panas yang dihasilkan permukaan air saat proses pemanasan. Panas yang tejebak di bawah tutup panci selain membantu dalam mengurangi tekanan udara di atas permukaan juga membantu membuat pemanasan air berjalan dalam dua arah, atas dan dari bawah.

2. Mengapa air yang dilarutkan garam mendidih lebih lama jika dibandingkan dengan air biasa? Berikan penjelasannya berdasarkan konsep kalor yang telah kalian pelajari.
Jawaban :

Penambahan zat lain ke dalam air merupakan proses pencampuran zat yang mengakibatkan air menjadi tidak murni lagi. Ketidakmurnian tersebut mengakibatkan air menjadi cenderung lebih lama untuk didihkan karena faktor dari koefisien muai air yang tercampur menjadi berubah. Garam termasuk bahan dengan kalor jenis yang kecil sehingga memerlukan kalor yang lebih banyak untuk melarutkannya.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 99 Kurikulum Merdeka"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel